Covid-19 Makin Melandai, Direktur RSUD Jombang: Dua Senjata Ampuh, Prokes dan Vaksin

  • Bagikan
peta sebarancovid di Jombang 22 nov 2021
Peta sebarang Covid-19 Tanggal 22 November 2021 pukul 15.00 WIB. (Data: Dinkes Jombang)

FaktaJombang.com – Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat sejumlah rumah sakit makin sedikit. Bahkan, sampai saat ini, hanya ada 3 orang pasien dengan indikasi positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Jombang.

Meski demikian, masyarakat tetap diimbau agar tak abai dengan protokol kesehatan (Prokes). Kapanpun dan pada musim apapun, mereka tetap diminta menjaga diri dengan memakai masker, cairan pencuci tangan, serta menjaga jarak. Bahkan, mengurangi kegiatan yang kurang penting.

Direktur RSUD Jombang, Puji Umbaran mengatakan, sampai saat ini hanya ada dua senjata yang ampuh melawan virus mematikan itu. Pertama, menegakkan protokol kesehatan, kemudian yang kedua dengan vaksinasi.

“Terbukti dari beberapa kasus yang terjadi kelonjakan luar biasa kalau masyarakat abai dengan Prokes maka yang perlu diingatkan kapanpun di musim apapun, Prokes harus tetal ditegakkan. Sebab sejauh ini, senjata kita hanya ada dua, Prokes dan vaksin, melindungi diri dengan menunbuhkan imunitas,” ujarnya, Senin (22/11/2021).

Puji Umbaran membeber, tiga pasien yang dirawat di ruang isolasi itu kondisinya semakin baik. Dia berharap, situasi ini akan terus stabil. Meski saat ini, tren penyakit berkaitan dengan infeksi mulai mendominasi ruang perawatan reguler RSUD Jombang.

Meski kondisi perubahan musim dari kemarau ke hujan ini mulai mengisi 30 persen dari jumlah ruangan yang ada di RSUD Jombang, namun hal ini disebut tak ada kaitanya dengan Covid-19.

Namun demikian, masyarakat tetap diimbau waspada dan menjaga kesehatan dengan selalu mengkonsumsi vitamin dan tak abai dengan protokol kesehatan.

“Kalau Covid-19, belum ada data yang menunjukan dari perubahan iklim. Covid-19 penularan sangat cepat melalui droplet,” tandasnya.

Sementara, sampai Senin (22/11/2021) pukul 15.00 Wib, data kasus Covid-19 di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang terus menunjukkan perkembangan yang cukup baik.

Bahkan, hanya ada 4 Kecamatan dari 21 kecamatan di Jombang yang berstatus zona kuning dan hampir semuanya telah hijau. Di antaranya Kecamatan Jombang, Jogoroto, Mojowarno dan Kecamatan Mojoagung.

Masing-masing kecamatan terdapat satu orang yang positif dan tiga diantaranya dirawat di RSUD Jombang dan satu lainya menjalani isolasi. *)

Penulis: Muji LestariEditor: Arief Anas
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *