Deretan 7 Objek Wisata Paling Diminati di Jombang, Berikut Datanya

wisata paling diminati di jombang
Objek wisata di Jombang yang paling banyak diminati sesuai data BPS Jombang 2023.

FaktaJombang.com – Selain banyak berdiri pondok pesantren (Ponpes), Kabupaten Jombang, Jawa Timur, juga menyuguhkan sejumlah objek wisata yang cukup banyak menyedot wisatawan.

Objek wisata di Jombang, diklasifikasi menjadi 4 bagian, di antaranya wisata cagar budaya/situs, wisata alam, dan wisata buatan.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jombang yang diterbitkan pada 2023, total objek wisata di kabupaten berjuluk Kota Santri ini, berjumlah 59.

Nah, dari puluhan objek wisata di Jombang, berikut ini 7 objek wisata yang paling diminati atau paling banyak pengunjung sepanjang tahun 2022.

Pengunjung yang tercatat dalam data BPS Jombang ini, semuanya merupakan wisatawan nusantara (Wisnus). Sedangkan wisatawan mancanegara (Wisman), nihil.

1) Makam Gus Dur

Pembaca mungkin mafhum, jika objek wisata religi makam Gus Dur paling banyak pengunjung di antara 59 objek wisata di Kabupaten Jombang.

Betapa tidak, selain makam Gus Dur, wisata religi yang terletak di kompleks makam Ponpes Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek ini, juga terdapat pusara 2 pahlawan nasional.

Yakni Hadratus Syekh KH Hasyim As’yari, pendiri Ponpes Tebuireng dan pendiri ormas terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU), dan makam KH A Wahid Hasyim. Dua pahlawan nasional ini, merupakan kakek dan ayahanda KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Sedangkan jumlah pengunjung makam Gus Dur sepanjang tahun 2022, tercatat sebanyak 899.227.

2) Makam Sayid Sulaiman

Makam Sayid Sulaiman berada di Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Sayyid Sulaiman merupakan keturunan ulama Yaman dari marga Basyaiban. Sayyid Sulaiman adalah putra dari Sayyid Abdurrahman dengan Syarifah Khadijah, cucu Raden Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Sayyid Sulaiman merupakan pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Kabupaten Pasuruan dan dikenal salah satu pendakwah termasyhur pada masanya.

Sepanjang tahun 2022, jumlah pengunjung makam Sayid Sulaiman ini tercatat sebanyak 220.788.

3) Dalem Simbah

Dalem simbah menempati urutan tiga dari 59 objek wisata paling diminati di Kabupaten Jombang. Letak wisata ini, berada di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Wisata Dalem Simbah merupakan objek wisata buatan yang menawarkan konsep edukasi budaya Jawa. Hal ini tampak dari sejumlah bangunan beraksitektur khas Jawa. Selain rumah joglo, juga terdapat andong, gamelan, sepeda ontel kuno, dan barang-barang khas Jawa lainnya.

Selain itu, Dalem Simbah juga menawarkan wahana yang cocok bagi anak-anak. Di antaranya, kolam renang, permainan air, mini zoo, dan resto khas Jawa.

Berlibur di wisata ini makin asyik, karena Dalem Simbah berada di lereng Gunung Anjasmoro. Panorama alam di sekeliling sekaligus udara sejuk khas pegunungan menjadi daya pikat tersendiri bagi objek wisata ini.

Nah, di sepanjang tahun 2022, jumlah pengunjung ke objek wisata Dalem Simbah, tercatat sebanyak 93.622.

4) Pandasili

Urutan ke-4 objek wisata paling diminati di Kabupaten Jombang, yakni Pandansili. Wisata ini berada di Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Wisata Pandansili merupakan wahana wisata air yang hulu sumbernya dari pengunungan yang memancar tak jauh dari kolam renang. Dan pastinya, airnya jernih dan menyegarkan.

Pandansili ini termasuk tempat bersejarah, karena kolam renang ini juga merupakan pemandian pada zaman kolonial Belanda. Tempat pemandian ini sempat lama rusak tertutup material banjir yang pernah melanda. Dan pada tahun 2019, diperbaiki lagi dan menjadi lebih apik.

Untuk kedalaman kolam renang, terbagi menjadi tiga bagian. Di antaranya, khusus anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Sementara pengunjung objek wisata Pandasili, tercatat sebanyak 77.537 pengunjung sepanjang tahun 2022.

5) Sumber Biru

Catatan sebanyak 57.966 pengunjung sepanjang tahun 2022, menjadikan Sumber Biru menduduki posisi nomor 5 sebagai objek wisata paling diminati di Jombang.

Objek wisata yang berada di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang ini merupakan wisata buatan yang menawarkan sensasi makan di aliran sungai yang jernih dan sejuk khas pegunungan.

Tapi, bukan makan dengan basah-basahan loh ya. Namun, di tengah aliran sungai tersebut, terdapat meja dan kursi yang disediakan pengelola untuk bersantap ria.

Saat makan atau ngemil, tentunya makin asyik sembari ngobrol bareng keluarga, sahabat, teman dan lainnya, dengan kaki berendam di aliran sungai tersebut. Sekaligus menikmati suasana sejuk khas pegunungan.

6) Bale Tani

Urutan selanjutnya, yakni objek wisata Bale Tani, berada di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Pengunjung wisata buatan ini, sepanjang tahun 2022, tercatat sebanyak 30.578 pengunjung.

Wisata ini dibuka pada pertengahan 2017 lalu dan dikelola kelompok tani setempat, bertema wisata edukasi pertanian.

Di tempat ini, selain menikmati nuansa persawahan dan perkebunan, pengunjung bisa menambah pengetahuan tentang hidroponik, persawahan, hortikultura, peternakan, dan perikanan air tawar.

Bale Tani juga menyuguhkan sejumlah tempat berkumpul, diantaranya Bale Ageng berbentuk pendopo yang bisa dimanfaatkan menggelar beragam acara. Bale Kempal yakni ruang indoor yang bisa dipakai, dan Bale Alit berupa rumah pohon sebagai area bermain anak-anak.

Juga Bale Bengong yaitu berupa kolam ikan yang dilengkapi sejumlah gazebo. Bale Bengok sebagai area bernyanyi, dan bisa sekaligus teriak-teriak. Serta Bale Pijat. Ini cocok bagi pengunjung yang sedang capek, bisa pijat pakai mesin pijat yang disediakan.

Selain itu, Bale Tani juga menyajikan kolam renang bagi anak-anak. Kalau pingin renang, cukup menunjukkan tiket masuk yang sudah dibeli sebelumnya.

7) Bajak Laut

Diresmikan pada Juni 2020 lalu, objek wisata Bajak Laut 2 ini rupanya cukup menjadi daya tarik pengunjung.

Catatan jumlah pengunjung sepanjang tahun 2022, wisata buatan ini mampu menyedot sebanyak 21.676 wisatawan.

Objek wisata Bajak Laut ini terletak di Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Tepat di sisi selatan gapura perbatasan Kecamatan Mojoagung dengan Kecamatan Wonosalam.

Sesuai namanya, objek wisata buatan ini dengan dunia air. Menawarkan beragam kegiatan air dilengkapi dengan berbagai wahana air yang seru dan menarik.

Selain itu, dilengkapi dengan berbagai ornamen bajak laut. Kolam renang yang didesain menyerupai bajak laut, lengkap dengan waterboom. Di tengahnya terdapat patung cumi-cumi raksasa yang menjadi ikon dan ciri khas objek wisata ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *