Dimeriahkan Barongsai, Warga Tionghoa di Jombang Berbagi Makanan Buka Puasa

  • Bagikan
Warga Tionghoa di Jombang saat membagikan makanan buka puasa untuk musafir dan pemudik di depan Gereja Katolik Indonesia jalan KH Wahid Hasyim Jombang, Selasa (26/4/2022).

FaktaJombang.com – Aksi bagi-bagi makanan buka puasa dilakukan warga keturunan Tionghoa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (26/4/2022) sore.

Mereka membagikan ribuan nasi kotak untuk para musafir dan pemudik yang melintas di wilayah setempat sebagai bentuk solidaritas untuk umat Islam.

Acara yang digelar di depan Gereja Katolik Indonesia jalan KH Wahid Hasyim Jombang ini juga diwarnai dengan atraksi kesenian Barongsai milik salah satu anggota Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Jombang.

Wakil ketua PSMTI, Soetikno mengatakan, terdapat 2.700 nasi kotak yang dibagikan selama 6 hari berturut-turut di beberapa titik. Salah satunya adalah di yayasan anak yatim di Kota Santri.

“Kita berbagi takjil ini kan untuk musafir, saudara kita yang lagi puasa, ya kita kasih semacam solidaritas yang berpuasa. Intinya ini solidaritas kami,” kata Soetikno.

Pembagian nasi kotak ini sudah berjalan selama empat hari. Sebelumnya, mereka juga membagikan makanan itu di bebarapa titik yang menjadi daerah strategis atau alternatif pengguna jalan atau pemudik dari berbagai wilayah maupun tujuan.

Tujuannya, agar mereka bisa menyantap makanan itu dan menyegerakan berbuka puasa ketika di tengah perjalanan.

Soetikno berharap, mudik tahun ini berjalan lancar. Selain itu, kerukunan antar umat beragama di Indonesia terus terjalin.

“Kemarin di depan Klenteng Gudo, lalu beberapa titik di dalam Jombang Kota,” tandasnya. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *