Dua Kali Rapat, SMSI Jombang Akhirnya Terbentuk

  • Bagikan
SMSI jombang terbentuk
Suasana rapat kedua pembentukan SMSI Jombang, Jumat (22/5/2021).

FaktaJombang.com – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Perwakilan Jombang, akhirnya terbentuk melalui rapat kali kedua sejumlah pemilik atau pengelola media online terbitan di Kota Santri, di Perumahan Grand Permata Safir D-17, Mojongapit, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jumat (22/5/2021).

Sebelum rapat berlangsung, upaya koordinasi dengan Sokip, salah satu pengurus SMSI Jawa Timur dan Prayogi Waluyo, Korwil SMSI Jatim wilayah barat terkait pembentukan SMSI terbentuk di Jombang pun dilakukan.

“Prinsipnya, siapapun pemilik atau pengelola media siber dengan penerbit PT atau Yayasan yang bidang usahanya khusus penerbitan pers, dan memiliki niatan ingin menjadi perusahaan media massa lebih baik, silakan diakomodir. Kami mempersilakan juga untuk membentuk SMSI di tingkat kabupten,” kata owner Petisi.co ini lewat video call WhatsApp.

Pasca organisasi dibentuk, dia juga mempersilakan membentuk kepengurusan yang nantinya akan disahkan oleh SMSI Jawa Timur.

“Dan jangan lupa, selalu berkoordinasi dan meminta saran atau masukan dengan organiasi lain yang sudah ada,” pesannya.

Hingga rapat kedua pembentukan SMSI Jombang ini, terdapat 7 media siber yang bergabung ke SMSI Jombang. Di antaranya, FaktaJombang.com, TelisikPos.com, WacanaNews.co.id, JombangKu.com, KabarNahdliyin.com, SuryaMojo.com, GoKlik.co

“Ketujuh media online ini sudah berbadan hukum PT dan Yayasan dengan bidang usaha khusus penerbitan pers. Dan pemiliknya, sudah menyatakan bergabung dalam SMSI. Maka, kami bersama-sama membentuk SMSI Jombang,” kata Arief Anas, pemimpin rapat.

Ia juga mengatakan, akan membuka seluas-luasnya kepada media siber yang berniat bergabung ke SMSI Jombang. “Asalkan media tersebut terbitan Jombang dan berbadan hukum khusus sesuai yang telah ditetapkan,” tandas pemilik FaktaJombang.com ini.

Selain itu, ia mengatakan sudah merancang kepengurusan. Hanya saja, kepengurusan itu belum final, sebelum terbitnya Surat Keputusan (SK) dan pelantikan SMSI Cabang Jombang.

“Selain saya sendiri, pengurus itu diisi Apriani Alva (JombangKu.com), Hendro Suprasetyo (WacanaNews.co.id), Muhtazuddin (KabarNahdliyin.com), Hamzah Sufriyan Efendi (GoKlik.co), Slamet Hariyanto (TelisikPos.com) dan Yoni Alfiansyah (SuryaMojo.com). Kalau posisinya, nanti saja dipublikasi,” ungkapnya.

Dikatakannya, SMSI merupakan organisasi yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers. Dan ia berharap, SMSI Jombang mampu memberi warna baru dalam dunia jurnalistik di Kota Santri.

“Kami tidak muluk-muluk soal program. Itu nanti ada sendiri waktunya, setelah SK dan pelantikan. Yang pasti, para pemilik atau pengelola media siber ini menjadi satu wadah, tentu akan memberi warna baru di Jombang,” pungkasnya. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *