Karang Taruna Tingkat Kecamatan se-Jombang Direvitalisasi, Target Rampung Akhir Juli 2022

  • Bagikan
Junita Erma Zakiyah, Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang menyampaikan pemaparan di hadapan peserta Temu Karya di pendopo Kecamatan Ngoro, Jombang, Rabu (20/7/2022).

NGORO | FaktaJombang.com – Revitalisasi kepengurusan Forum Karang Taruna (Kartar) tingkat kecamatan se-Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mulai dilaksanakan sejak awal Juli tahun ini, melalui Temu Karya.

Hingga Rabu 20 Juli 2022 siang, kepengurusan Forum Kartar tingkat kecamatan tersebut sudah terlaksana di 12 kecamatan. Sementara sisanya, yakni 9 kecamatan, masih dalam proses.

Hal ini diungkap Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang, Junita Erma Zakiyah, usai menetapkan ketua terpilih Forum Kartar Kecamatan Ngoro, Jombang, di pendopo kecamatan setempat. Menurutnya, target revitalisasi kepengurusan Forum Kartar di 21 kecamatan, rampung pada Juli 2022 ini.

Anggota DPRD Jombang ini merinci, Forum Kartar tingkat kecamatan yang sudah terbentuk hingga saat ini, di antaranya Kecamatan Gudo, Kudu, Perak, Bandar Kedungmulyo, Mojowarno, Sumobito, Plandaan, Diwek, Jogoroto, Jombang, Mojoagung, dan Ngoro.

“Sisanya masih proses, besok juga ada Temu Karya di dua kecamatan. Targetnya, kepengurusan Forum Karang Taruna di 21 kecamatan se-Jombang selesai bulan Juli 2022 ini,” kata Mbak Junita, sapaan akrabnya, Rabu (20/2/2022).

Temu Karya ini juga melakukan pemilihan ketua Forum Kartar tingkat kecamatan. Setelah itu, ketua terpilih diberi waktu satu pekan untuk melengkapi kepurusannya.

“Kemudian akan dilakukan pelantikan. Untuk agenda pelantikannya, menyusul ya,” ucap legislator dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Mbak Junita juga mengatakan, revitalisasi kepengurusan Forum Kartar tingkat kecamatan ini dilaksanakan, guna menggiatkan kembali ghiroh kaum muda dalam beraktulisasi di Karang Taruna.

Revitalisasi juga dimaksudkan untuk menyelaraskan program-program yang saat ini sedang dan akan dilaksanakan Forum Kartar Kabupaten Jombang.

“Keselarasan program ini cukup penting, karena antara Forum Kartar tingkat kabupaten dengan kecamatan akan saling mendukung. Tidak menutup kemungkinan, program Kartar di tingkat kecamatan juga akan didukung secara bersama-sama,” papar ketua Fraksi PPP DPRD Jombang ini.

Sejauh ini, lanjut Mbak Junita, Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang sudah menjalan sejumlah program, yakni pendampingan sertifikat produk halal bagi UMKM di seluruh Kabupaten Jombang.

Selain itu, Forum Kartar Jombang telah bekerjasama Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang. Yakni, memfasilitasi beasiswa bagi anggota dan pengurus Forum Karang Taruna yang ingin kuliah di kampus yang berada di Jalan Gus Dur tersebut.

“Karang Taruna Jombang mendapat kuota beasiswa kuliah di Undar Jombang, melalui jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jika tidak memiliki KIP, bisa dengan surat keterangan tidak mampu dari desa,” ulas anggota Komisi B DPRD Jombang ini. *)

Junita Erma Zakiyah didampingi pengurus Forum Kartar Jombang sedang memberikan buku AD/ART ke ketua terpilih Forum Kartar Kecamatan Ngoro.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *