Lama Dijabat Plt, Bupati Jombang Akhirnya Lantik Agus Purnomo Sebagai Sekdakab

Pelantikan Agus Purnomo sebagai Sekdakab Jombang di Pendopo Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Setelah beberapa waktu dijabat seorang Pelaksana Tugas (Plt), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Jawa Timur, kini telah memiliki seorang Sekretaris Daerah (Sekda) definitif.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab, pada Jumat (24/12/2021) pagi tadi, melantik dan mengambil sumpah Agus Purnomo sebagai Sekdakab Jombang. Sebelumnya, Agus Purnomo menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Bupati Mundjidah Wahab mengatakan, pelantikan ini sudah melalui prosedur, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi hingga assessmen. Waktu itu, muncul empat nama.

Selain Agus Purnomo, pejabat lain yang mengikuti seleksi adalah Senen, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD PP), Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Purwanto, serta Direktur RSUD Jombang, dr Puji Umbaran.

“Pelantikan ini sudah melalui prosedur, mulai pendaftararan, seleksi administrasi sampai muncul 4 nama. Kemudian dilakukan assessmen tertulis dan wawancara. Semua dilakukan oleh Pansel (Panitia Seleksi). Tidak ada yang dari Jombang. Ada yang dari Unair, Unmer, BKD Provinsi, Biro SDM Provinsi,” terangnya, usai pelantikan.

Mundjidah membeber, dari empat orang yang mengikuti seleksi, dalam tahap assessmen saat itu muncul tiga nama. Sesuai prosedur, nama-nama ini kemudian dilaporkan ke Pemerintah Pusat dan Gubernur Jawa Timur.

Hingga kemudian, rekomendasi ini muncul sehari sebelum pelantikan jabatan karier tertinggi di kabupaten tesebut, jatuh ke tangan Agus Purnomo.

“Proses kita lalui, rekomendasi baru kemarin sore keluar. Semuanya tentunya sesuai aturan dan Undang-undang yang berlaku,” tandasnya.

Untuk menggantikan posisi Agus Purnomo sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, selanjutnya, Pemkab Jombang akan melakukan rotasi jabatan dalam waktu dekat.

Bupati menuturkan, sesuai ketentuan, Bupati bakal mengangkat pejabat Plt (pelaksana tugas) terlebih dahulu, sebelum mengangkat pejabat definitif kembali melalui tahap assessmen.

Bupati berharap, Sekdakab baru ini bisa memberikan motivasi dan terobosan dalam hal pembangunan di Kabupaten Jombang ke depan.

“Harapan Sekda baru ini, bisa memberikan motivasi dan terobosan. Mampu menjembatani semuanya termasuk dengan masyarakat,” terangnya.

Sementara Agus Purnomo, usai dilantik mengaku, akan menjalankan tugas ini sebagai sebuah amanah. Tanggung jawab Sekretaris Daerah (Sekda), menurutnya cukup berat. Karena merupakan pembantu Bupati untuk menyusun kebijakan. Dia berharap, visi misi Bupati dan Wakil Bupati selama sisa kurun waktu dua tahun ke depan ini, juga bisa terwujud.

“Amanah akan saya laksanakan dan tanggung jawab. Sekda kan pembantu Bupati dalam hal kebijakan bagaiamana ke depan kami bisa menerjemahkan apa yang tertuang dalam RPJM yaitu visi misi, harapan visi misi 2 tahun ini bisa terwujud,” pungkasnya. *)

Penulis: Muji LestariEditor: Arief Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.