Patroli di Jombang, Petugas Gabungan Dapati Pria Diduga Bawa Tembakau Sintesis

  • Bagikan
moch mukid temukan mirip tembakau gorila
Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Moch Mukid saat mengamankan rokok diduga mirip tembakau sintetis atau Gorila.

FaktaJombang.com – Seorang pria berinisial RD, asal Desa Ngemplak, Kunjang, Kabupaten Kediri, kedapatan polisi membawa rokok diduga menyerupai tembakau sintetis atau Gorila. Ia pun digelandang ke Polres Jombang untuk menjalani tes urine.

“Tapi kemudian, hasil tes urine-nya negatif. Kemudian kita pulangkan,” kata AKP Moch Mukid, Kasat Resnarkoba Polres Jombang, Minggu (11/4/2021) pagi.

Pihaknya menjelaskan, RD diperiksa saat digelarnya operasi yustisi di sejumlah titik lokasi di Kabupaten Jombang, pada Sabtu (10/4/2021) malam, mulai pukul 21.00 WIB hingga 22.40 WIB. Mulai Jalan KH Wakhid Hasyim, Jalan Diponegoro.

Kemudian, Jalan KH Hasyim Asyari, Jalan Raya Diwek, sampai ke kawasan religi Terminal Gus Dur di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Sejumlah Indomaret, Alfamart di Jalan KH Hasyim Asyari dan Jalan Raya Diwek, juga tak luput menjadi sasaran petugas gabungan dalam operasi yustisi pada malam minggu (Malming) itu.

“Selain cek suhu tubuh pengunjung Indomaret dan Alfamart, kita juga mengimbau untuk menutup toko pada pukul 21.00 WIB sebagaiman pemberlakukan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat),” ujarnya.

Sedangkan pemberlukan sanksi bagi warga yang kedapatan tak memakai masker, hanya diperingatkan. “Kita memang mengedepankan persuasif dan humanis dalam patrol yustisi kali ini,” kata Moch. Mukid.

Dari situ, pihaknya berharap, para pelanggar akan sadar dan memahami jika virus Corona merupakan virus berbahaya yang hingga saat ini masih mengintai.

“Kami berharap, masyarakat tidak teledor dan tetap meningkatkan disiplin Prokes Covid-19, dengan memakai masker, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak,” katanya.

Dijelaskannya, operasi yustisi malam itu, dalam rangka penerapan Inpres No 6 Tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan, Perda Provinsi Jatim No 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengandalian Covid-19.

Dan melibatkan sebanyak 35 personel. Di antaranya 5 personel Dishub Jombang, 10 personel Satpol PP, 5 anggota Kodim 0814 Jombang, dan 2 anggota PM Jombang.

Juga anggota Polres Jombang, yakni anggota Satsabhara, Satlantas, Satintelkam, Satbinmas, Tim Kesehatan Polres Jombang.

Selain AKP Mochamad Mukid, tampak pula KBO Satbinmas Iptu Heru Widodo, Kasitipol Iptu Agus dan Paurmin Bag Ren Ipda Priyo. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *