Rakor Karang Taruna Jombang, Bahas Peluang Magang ke Jepang

junita erma zakiyah
Junita Erma Zakiyah (kanan), Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang saat rapat koordinasi dengan pengurus Karang Taruna Kecamatan se-Jombang, Rabu (8/5/2024).

FaktaJombang.com – Pernah bermimpi atau membayangkan bekerja di luar negeri seperti Jepang?.

Rupanya, ada kesempatan bagi siapa saja warga Jombang yang ingin magang dan bekerja ke negeri ‘matahari terbit’ itu. Salah satunya, lewat program Magang IM Japan.

Kesempatan bekerja di negeri Sakura tersebut, diungkap Priyono dalam acara Halal bi Halal sekaligus rapat koordinasi (Rakor) antar Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Jombang, yang digelar di aula Dinas Sosial (Dinsos) Jombang, Rabu (8/5/2024).

“Sebenarnya, program magang ke Jepang itu ada dua jenis. Ada yang dikelola swasta dan ada yang dikelola pemerintah,” katanya.

Untuk magang yang dikelola pemerintaha, lanjut Priyono, dinaungi oleh International Manpower Development Organization (IM) Japan yang dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, atau Dinas Tenaga Kerja di daerah.

IM Japan sendiri, merupakan assosiasi pengusaha kecil dan menengah yang berkedudukan di Tokyo Jepang.

“Nah, IM Japan berperan dalam menyalurkan peserta magang dari Indonesia untuk mengikuti pemagangan di perusahaan-perusahaan Jepang sebagai mitra pelaksana pemagangan,” terang pria asal Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan ini.

Hal inilah, Priyono mengajak pemuda-pemudi Indonesia mencari ilmu dan pengalaman kerja di Jepang.

Dan setelah magang, lanjut Priyono, mereka bisa balik ke Indonesia untuk mencipatakan usaha sendiri di negeri sendiri. Hal ini, merupakan upaya membantu pemerintah meminimalisir pengangguran.

“Ajakan ini, salah satunya lewat Karang Taruna Kabupaten Jombang ini. Saya juga mengucapkan terima kasih sudah diberi ruang untuk sosialisasi, terutama kepada Bu Junita, selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang,” tuturnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang, Junita Erma Zakiyah mengatakan, acara Halal bi Halal sekaligus Rakor ini, sengaja secara khusus mendatangkan Priyono.

Tujuannya, memberikan wawasan sekaligus pengalamannya kepada pengurus Karang Taruna tingkat Kecamatan se-Jombang, mulai proses awal mengikuti magang sampai sejauh ini bekerja di Jepang.

“Termasuk peluangnya untuk bisa magang ke Jepang. Nantinya, oleh pengurus Karang Taruna Kecamatan, akan disosialisasikan kepada Karang Taruna tingkat desa,” papar Anggota DPRD Jombang ini.

Dari upaya tersebut, lanjut Junita, diharapkan Karang Taruna Jombang bisa menjembatani kaum muda-mudi di Jombang yang ingin magang bekerja di Jepang.

“Saya menilai, ini sangat penting untuk menambah pengalaman dan skill para pemuda dan pemudi di luar negeri. Nah, Karang Taruna Jombang saat ini diberi peran untuk menjembatani hal ini,” kata perempuan yang kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Jombang periode 2024-2029 ini.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Priyono dan rekan-rekannya, yang telah menyempatkan hadir dan mensosialisasikan program magang ke Jepang ini. Juga kepada Dinsos Jombang yang memfasilitasi,” pungkasnya.

karang taruna jombang sosialisasi mahang ke jepang
Priyono saat sosialisasi dan berbagi pengalaman magang dan bekerja di Jepang ke peserta Rakor Karang Taruna Jombang.

Sekedar informasi, Priyono hadir di acara tersebut, bersama 3 rekannya yang sama-sama bekerja di Jepang.

Satu persatu dari mereka, berbagi cerita soal pengalamannya magang dan hingga kini masih bekerja dan tinggal di negeri Sakura itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *