Ratusan Anggota Polres Jombang Ikuti Donor Darah

polres jombang donor darah
Kapolres Jombang, AKBP Moh Nurhidayat saat diambil darahnya dalam kegiatan Donor Darah di Polres setempat.

JOMBANG | FaktaJombang.com – Polres Jombang menggelar donor darah, Selasa (10/5/2022). Aksi sosial ini diikuti ratusan personel korps baju coklat Kota Santri.

Selain untuk menjaga dan menambah ketersediaan darah di Jombang, donor darah ini merupakan kegiatan bhakti sosial Polri dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia yang temanya “Donorkan darahmu, kehidupan dunia terjaga”.

Kapolres Jombang, AKBP Moh Nurhidayat mengatakan, pelaksanaan donor darah diikuti personel Polres Jombang beserta masyarakat dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jombang.

Selanjutnya, kantong darah yang dihasilkan dari kegiatan kali ini, akan didistribusikan ke PMI Jombang untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Menurutnya, donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat. Sesuai esensi tema donor darah ini, dimana untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonoran darah agar dapat berguna bagi kesehatan masyarakat.

“Jumlah anggota Polres Jombang beserta masyarakat yang melaksanakan donor darah ditargetkan 150 kantong,” kata AKBP Moh Nurhidayat di Gedung Graha Bhakti Bhayangkara, Selasa (10/5/2022) siang.

Menurutnya, donor darah ini agar Polri bisa ikut berkontribusi menjaga pasokan kebutuhan darah bagi masyarakat. Sebab, masa pandemi Covid-19 banyak PMI di daerah-daerah yang kekurangan pasokan darah karena minim pendonor.

AKBP Moh Nurhidayat menjelaskan, sebelum donor darah, personel Polres Jombang lebih dulu menjalani serangkaian tes kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, diperkenankan ikut mendonorkan darahnya.

“Sebelum donor darah, personel menjalani proses tes tensi darah dan tes HB. Jika semua proses dinyatakan memenuhi syarat, maka dilanjutkan dengan pengambilan darah,” paparnya.

Ia juga menambahkan, selain merupakan aksi kepedulian sosial untuk membantu sesama manusia, donor darah ini juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh si pendonor. *)

polres jombang donor darah 2
Suasana donor darah di di Gedung Graha Bhakti Bhayangkara, Polres Jombang, Selasa (10/5/2022) siang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *