Tagih Janji, Puluhan Warga Kedungjati Jombang Demo PT CMI

warga kedungjati jombang demo PT CMI
Aksi demonstrasi warga yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang di depan gerbang PT CMI.

FaktaJombang.com – Puluhan warga mengatasnamakan Aliansi Pemuda Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, berunjuk rasa ke PT Camino Industrial Indonesia (CMI).

Mereka menuntut janji PT CMI yang diberikan kepada warga Desa Kedungjati, saat sosialisasi bersama warga setempat. Yakni, tidak adanya jasa outsourcing dalam rekruitmen tenaga kerja, dan PT CMI berjanji memprioritaskan warga Desa Kedungjati untuk menjadi karyawan.

“Kami menilai PT CMI ingkar janji. Bahkan, PT CMI tidak mempekerjakan warga setempat, dan malah menggunakan jasa outsourcing luar daerah,” kata Hendri, koordinator aksi.

Aksi yang didominasi kalangan pemuda ini mendapat pengamanan dari TNI dan Polri. Selain menggelar orasi di depan gerbang PT CMI menggunakan pengeras suara, pengunjuk rasa juga membentang sejumlah poster.

Poster-poster tersebut di antaranya bertulis ‘Hapus Outsourcing di PT CMI’, ‘Tanah kau beli, pabrik kau dirikan, kami kau terlantarkan’. Juga ada yang bertulis ‘Perusahaan harus patuh Undang-undang jangan asal PHK’.

Selain itu, pengunjuk rasa juga menyuarakan agar PT CMI tidak melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) secara sepihak yang dilakukan pihak outsorcing. Dan perusahaan agar bisa menjamin kebebasan berserikat bagi karyawannya.

“Kami juga mendesak PT CMI bertanggung jawab menanggulangi pencemaran lingkungan, terutama di persawahan area PT CMI. Dan kami juga meminta perusahaan memberikan CSR kepada masyarakat,” tandasnya.

Editor: Arief Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *