Truk Terguling di Jomplangan Jombang, Muatan Batu Bara Tumpah ke Jalan

truk muatan batu bara tergulis di jombang
Kondisi truk muatan batu bara yang terguling di Jomplangan, Jombang, sebelum dievakuasi. (Foto: Repro)

FaktaJombang.com – Arus lalu lintas arah Jombang – Pare – Batu, sempat tersendat di pusat Jombang Kota, Selasa (26/12/2023) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Oleh petugas, arus lalu lintas pun dialihkan.

Titik kemacetan, tepatnya di perlintasan rel kereta api jalan KH Hasyim Asy’ari atau biasa disebut Jomplangan.

Gara-garanya, satu unit truk Nissan nopol W-8142-UD terguling. Dan barang muatannya yakni batu bara dalam kemasan sak, tumpah ke jalan.

Bahkan, posisi kabin truk terguling tepat di salah satu rel kereta api jalur ganda tersebut. Sedangkan bak truknya menghalagi palang pintu rel. Sehingga, area palang pintu dijaga polisi dan Polsuska.

Beruntung, kejadian ini tidak sampai menggangu perjalanan kereta api. Sedangkan sopir truk Nissan dalam kondisi selamat. Saat itu, dia sedang sendirian mengemudikan truk muatan batu bara tersebut.

Solikin (47), sopir truk menceritakan, truk yang dia kemudikan dari Surabaya hendak menuju Kediri. Ketika sampai di Jomplangan Jombang, truknya berbelok menuju arah selatan.

Ketika melintas di jalanan agak menanjak hendak menyeberang rel kereta api, truknya tiba-tiba mengalami masalah, dan akhirnya terguling.

“Dari arah timur belok ke selatan, tiba-tiba terdengar suara ‘duak’ dari roda belakang sebelah kanan sebanyak dua kali. Truk saya berhentikan dan terus terguling. Sepertinya ada yang patah, kalau tidak per ya kowelnya,” ucap Solikin, sopir asal Purwosari, Pasuruan itu.

Sementara Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang Ipda Anang Setyanto mengatakan, sesaat setelah kejadian, pihaknya segera menutup jalan dari berbagai arah dan dialihkan ke jalur arah barat.

“Untuk proses evakuasi truk, arus lalulintas dari arah timur dan utara kita alihkan ke barat dulu hingga perempatan Pandanwangi. Begitu juga sebaliknya, kita stop yang dari arah selatan, kita alihkan melewati Pandanwangi,” terangnya.

Proses evakuasi truk dilakukan dengan lebih dulu memindahkan semua muatan ke tepi jalan. Kemudian truk ditarik dengan mobil derek Satlantas Polres Jombang agar kembali berdiri.

Untuk penyebab truk itu terguling, pihak kepolisian belum bisa memberikan keterangan. Polisi masih melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan dari para saksi dan sopir truk. *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *