Vaksinasi Santri di Jombang Dipantau Virtual Presiden Joko Widodo

  • Bagikan
Kapolres dan Forkopimda Jombang diwawancarai wartawan
Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama Forkopimda Jombang saat diwawancarai wartawan.

FaktaJombang.com – Sebanyak 1.500 dosis vaksin jenis Sinovac disiapkan untuk kalangan Pondok Pesantren (Ponpes) dan Rumah Ibadah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Vaksinasi pada Selasa (7/9/2021) ini diikuti para santri dan pengurus Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Desa Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang di GOR Hasbullah Said Ponpes setempat.

Pelaksanaan vaksin tersebut merupakan rangkaian Vaksinasi Merdeka secara seretak di 341 titik Ponpes dan Rumah Ibadah di seluruh Indonesia dengan total sasaran 346.688 orang.

Ratusan titik tersebut, tersambung secara virtual dengan pelaksanaan vaksinasi nasional mulai Aceh hingga Papua, yang ditinjau langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Ponpes KH Syamsudin, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyapa langsung secara virtual pelaksanaan vaksinasi Merdeka di Ponpes Gontor Jawa Timur, Gereja Katedral Gereja Paroki Katedral St Maria Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Vihara Giri Ratana Puja, Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB).

Vaksinasi Merdeka ini merupakan strategi yang dilakukan TNI dan Polri, terkait dengan akselerasi atau percepatan terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity.

Selain vaksinasi, juga disalurkan bantuan sosial (bansos) dari Presiden Jokowi sejumlah 60.341 paket sembako dan 88 ton beras kepada warga yang paling terdampak perekonomiannya akibat Pandemi Covid-19.

Pelaksanaan program vaksinasi di rumah ibadah bertujuan untuk revitalisasi rumah ibadah sebagai fungsi sosial. Rumah ibadah pada hakekatnya memiliki fungsi membimbing perilaku jamaahnya dalam tatanan kehidupan sosial termasuk dalam pengendalian Covid-19.

“Saya juga selalu mengingatkan, tingginya tingkat capaian vaksinasi merupakan modal dasar dalam hidup berdampingan dengan Covid-19, yaitu bagaimana perekonomian dapat tumbuh. Namun Covid-19 tidak kembali melonjak,” kata Presiden Jokowi.

Sementara pelaksanaan di Ponpes Tambakberas, dipantau langsung Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama Forkopimda Jombang,

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan bersama Pemerintah Daerah dan pak Dandim untuk percepatan vaksinasi nasional, dengan sasaran pondok pesantren dan rumah ibadah,” jelas Agung Setyo Nugroho kepada Wartawan di lokasi vaksinasi.

Dijelaskan Kapolres, vaksinasi di kalangan pesantren dan rumah ibadah ini merupakan instruksi Presiden dalam mengejar target nasional yang ditentukan.

Sedikitnya, sebanyak 1.500 dosis vaksin Sinovac disiapkan Polres Jombang, termasuk vaksinasi hari sebelumnya, yang dilakukan untuk para umat agama Tridharma di Kelenteng Hok Liong Kiong, Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang.

“Jumlah peserta vaksinasi untuk pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas digabungkan dengan rangkaian kegiatan sebelumnya, totalnya sudah mencapai 1.500 sasaran,” pungkasnya. (hms/ans)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *