KH Abdul Hakam Kholiq (Gus Hakam) Cucu KH Hasyim Asy’ari, Berpulang

Gus Jakam atau KH Abdul Hakam Choliq semasa hidupnya.

FaktaJombang.com – Keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berduka. Salah satu pengasuh pesantren setempat, yakni KH Abdul Hakam Kholiq atau Gus Hakam, wafat.

Salah satu cucu Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari. atau adik sepupu Gus Dur ini “dipanggil” Allah SWT pada Selasa (9/11/2021) sekitar jam 15.30 WIB.

Selain faktor usia yang telah sepuh, Gus Hakam juga disebut memiliki riwayat penyakit yang telah lama dideritanya.

“Benar beliau (Gus Hakam) telah wafat tadi. Wafatnya beliau saat berada di kediamannya. Memang usianya sudah tua. Beliau juga sakit, tidak bisa jalan. Juga ada sakit di bagian jantung,” ujar Pengasuh Ponpes Tebuireng Putri, KH Fahmi Amrullah Hadziq atau Gus Fahmi.

Gus Hakam sendiri selama ini tinggal di depan Ponpes Tebuireng dan mengasuh pesantren Darul Hakam. Gus Hakam adalah putra tunggal KH Abdul Choliq Hasyim, pengasuh Ponpes Tebuireng kelima (1952-1965).

Sementara rencanaya, almarhum akan dimakamkan malam ini sekitar pukul 20.00 WIB di kompleks pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng. Gus Fahmi berharap proses pemakaman almarhum ini berjalan lancar.

“Nanti malam kurang lebih jam 8-an. Setelah itu langsung tahlil, mungkin. Dan masyarakat yang ingin ngaji maupun tahlil, diperkenankan di kediamannnya. Mohon doanya,” pungkasnya. *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.