Meski Sudah Diganti, Plakat Jalan Pattimura Jombang Masih Berdiri

  • Bagikan
Jalan Pattimura Jombang ganti Jalan Bupati R Soedirman
Plakat nama jalan masih bertulis Jalan Pattimura, masih berdiri atau belum diganti.

FaktaJombangcom – Banyaknya warga terutama selain warga Desa Sengon, Kecamatan/ Kabupaten Jombang yang tidak tahu jika Jalan Pattimura sudah berganti nama menjadi Jalan Bupati R Soedirman, salah satunya karena plakat nama jalan masih belum diganti.

Faktanya, di ujung perempatan jalan bagian utara atau pojok sebalah utara kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), masih berdiri tegak plakat nama “Jalan Pattimura, Kode Pos 61418”, dengan warna dasar biru, tulisannya warna putih.

Sedangkan di perempatan ujung selatan jalan tersebut atau utara perlintasan kereta api Pandanwangi, tidak ada plakat nama jalan sama sekali. Entah raib atau memang hendak diganti. “Saya nggak tahu, memang plakat nama jalan nggak ada sudah lama,” kata seorang warga sekitar yang enggan menyebut namanya, Sabtu (30/1/2021) kemarin.

Padahal diketahui, perubahan nama jalan tersebut sudah ditetapkan lebih setahun lalu, tepatnya pada 21 Oktober 2019. Bertepatan dengan upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, sekaligus penetapan hari jadi Pemkab Jombang.

Sayangnya, sejumlah pengendara mengaku tidak kelihatan plakat nama jalan di ujung utara kantor DPMD Jombang tersebut. Selain karena kurang memperhatikan, ada juga warga yang mengatakan karena tertutup baliho berangka besi.

“Saya kok nggak memperhatikan detail seperti itu ya. Ya mungkin karena konsentrasi sedang di jalan ya,” jawab Teguh, seorang pengedara motor yang sempat ngobrol dengan FaktaJombang.com.

Lain halnya dengan Emi, pengendara motor lainnya. Ia mengatakan tidak melihat plakat nama jalan tersebut. Ia pun mengaku baru kali ini mendengar jika Jalan Pattimura sudah berganti nama menjadi Jalan Bupati R Soedirman.

“Sudah ganti nama jalan ya. Kalau plakat nama jalan itu, nggak kelihatan. Ya terhalang baliho besar itu,” katanya.

Ditanya terkait kondisi ini, Emi menyayangkan belum digantinya plakat nama lama tersebut. Lebih lagi, letaknya berdekatan dengan proyek lampu lampion hias di Jalan Dr Soetomo dan proyek gapura bertulis “Kuliner Jombang” pada tahun anggaran 2020.

“Harusnya diganti, biar masyarakat tahu kalau jalan ini sudah ganti nama. Sangat disayangkan ya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Jombang, Budi Winarno saat dihubungi melalui nomor WhatsApp-nya mengatakan, terkait hal tersebut wewenang Dinas Perhubungan (Dishub) Jombang.

“Akan saya sampaikan ke Dinas Perhubungan ya,” singkatnya.

Hingga berita ini diunggah, FaktaJombang.com masih belum mengonfirmasi Kepala Dishub Jombang terkait hal ini. Namun, FaktaJombang.com masih berupaya menghubunginya. (af/fj)

Baca Sebelumnya: Jalan Pattimura Jombang Berganti Jadi Bupati R Soedirman, Sudah Tahu Belum?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *