Efek Game Online Pada Remaja

  • Bagikan
Ilustrasi game online

Oleh: Arya Raja Herlambang (Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang)

Pendahuluan

Era ini merupakan era dimana teknologi berkembang pesat, yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, di bidang teknologi komunikasi dan informasi. Misalnya, internet, yang memiliki akses ke semua informasi yang kita inginkan.

Internet berdampak positif pada remaja yang mengerjakan tugas sekolah, misalnya. Namun, internet juga memiliki dampak negatif seperti penipuan, penyalahgunaan media sosial dan masih banyak lagi aspek negatif seperti game online yang mudah diakses terutama bagi kalangan remaja. Sifatnya seperti ingin tahu, dapat menjerumuskan anak muda pada hal-hal negatif dan berdampak negatif pada pemikiran dan perilaku anak muda.

Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan menurut aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks yang tidak serius atau untuk tujuan hiburan.

Game online adalah permainan berbasis elektronik dan gambar. Game online dimainkan dengan media visual elektronik yang biasanya menimbulkan radiasi pada mata yang menyebabkan kelelahan mata dan biasanya disertai dengan sakit kepala.

Perkembangan teknologi berkembang pesat di dunia global ini, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di kota-kota kecil. Selama 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang sering kita sebut dengan game online telah berkembang dimana-mana. Banyak pusat bermain dibuat. Game center sendiri tidak seperti warnet, pelanggan tetapnya lebih banyak dari warnet. Ini membuat pusat permainan hampir selalu penuh.

Game jaman sekarang tidak sama dengan dulu, dulu tidak lebih dari dua orang yang bisa bermain game, sekarang dengan berkembangnya teknologi terutama jaringan internet, lebih dari 100 orang bisa bermain game secara bersamaan. Meskipun permainan ditujukan untuk anak-anak, namun seringkali tidak dimainkan oleh sebagian orang dewasa, bahkan tidak sedikit pula yang mencari nafkah darinya.

Game internet juga memiliki dampak yang besar bagi perkembangan anak dan khususnya jiwa. Siswa SD, SMP, dan SMA pandai bermain game online. Siswa yang sering bermain game online menjadi ketagihan atau ketagihan.

Kecanduan game online memiliki efek negatif, terutama dari perspektif akademik dan sosial. Meskipun kita dapat berinteraksi dengan pemain lain dalam game online, game online seringkali membuat pemain melupakan kehidupan sosial di kehidupan nyata.

Pembahasan

Perkembangan game online tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi dan jaringan komputer itu sendiri. Ledakan pertumbuhan game online mencerminkan pesatnya pertumbuhan jaringan komputer skala kecil sebelumnya (Small Local Area Networks) ke Internet dan terus berkembang.

Game online saat ini tidak sama dengan saat pertama kali game online diluncurkan saat komputer pertama kali keluar pada tahun 1960, hanya 2 orang yang bisa menggunakannya untuk bermain game. Kemudian muncullah komputer dengan fitur time-sharing sehingga lebih banyak pemain yang dapat memainkan game tersebut dan tidak harus berada dalam ruangan yang sama (Multiplayer Game).

Kemudian pada tahun 1970, dengan munculnya jaringan komputer berbasis paket, jaringan komputer tidak terbatas pada LAN (Local Area Networks) tetapi juga termasuk WAN (World Wide Area Networks) dan menjadi Internet.

Game online pertama yang muncul kebanyakan adalah game simulasi perang. Game ini menginspirasi game lain untuk lahir dan berkembang. Tahun 2001 merupakan puncak demam dotcom, sehingga penyebaran informasi tentang game online semakin cepat.

Secara terminologi, game online berasal dari dua kata yaitu game dan online. Game adalah game dan online adalah koneksi internet. Jadi dapat disimpulkan bahwa game online adalah permainan yang terhubung dengan internet atau jaringan lokal sehingga pemain dapat terhubung dengan pemain lain yang memainkan permainan yang sama.

Efek Positif Game Online :
1. Dapat belajar menggunakan Bahasa Inggris
2. Mempraktikkan Logika
3. Dasar Teknologi
4. Belajar Ekonomi
5. Mengembangkan Imajinasi
6. Melatih Kerjasama
7. Kemampuan membaca

Efek negatif game online:
1. Mendorong hal-hal negatif
2. Berbicara kasar dan cabul
3. Membuang-buang
4. Perubahan kebiasaan makan dan tidur
5. Berbahaya bagi kesehatan
6. Adiktif
7. Melalaikan aktivitas

Kesimpulan

Dalam perjalanannya, game online telah berkembang pesat dan teknologi, mulai dari hanya penggunaan militer untuk keperluan militer hingga menjadi industri atau yang lainnya. Game online juga memengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Game online memungkinkan kita berkomunikasi secara tidak langsung dengan orang lain. Namun, efek kecanduan game internet juga bisa berdampak negatif tergantung bagaimana cara seseorang menghadapinya.

Cara mengatasi siswa yang sudah kecanduan game online:
1. Melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bermain dengan teman, merasakan rumput di kaki dan merasakan sinar matahari di wajah.
2. Melalui pemikiran spiritual, yaitu mengarahkan energi dan semangat siswa pada hal-hal yang kreatif dan positif. Jika mereka dapat memprogram diri mereka sendiri untuk menikmati TV dan bermain game online, mereka juga harus dapat memprogram hal-hal lain yang lebih baik. Kalau dia bisa kecanduan main game online, bisa juga diprogram untuk kecanduan belajar. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *