Meriah, 37 Anak Ikuti Khitan Massal Pengusaha Asal Mancilan Jombang

khitan massal di mancilan mojoagung jombang
Muhammad Kholiq, penyelenggara khitan massal saat memberikan cindramata kepada para peserta, usai dikhitan di Dusun Rejoslamet, Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Minggu (19/12/2021)

FaktaJombang.com – Puluhan anak berbusana muslim motif sama, berjajar duduk di depan pangung berukuran besar. Raut muka mereka tampak sedikit cemas, menunggu detik-detik peristiwa yang akan dialaminya sekali dalam seumur hidupnya.

Ya, mereka menunggu giliran untuk dikhitan. Tampak, beberapa panitia mencoba menganjak anak-anak berbincang, seolah meneguhkan hatinya agar bersemangat menjalani proses khitan dan tidak takut dikhitan.

Kemeriahan ini tampak dalam kegiatan khitan massal yang digelar Muhamad Kholiq, di Dusun Rejoslamet, Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Minggu (19/12/2021) mulai pukul 08.00 WIB.

Menurutnya, sunatan massal ini diikuti 37 anak, termasuk salah satu putranya sendiri. Tidak hanya dari Desa Mancilan, peserta khitan massal ini juga diikuti anak-anak yang tinggal di desa lain di Kecamatan Mojoagung.

“Syarat utama untuk jadi peserta, yaitu yang bersangkutan siap dan berani dikhitan,” tandas pengusaha seluler dan rental mobil ini.

Dia mengaku bersyukur, kali ini bisa menyelenggarakan kegiatan sosial. Pasalnya, dua tahun belakangan, niat untuk menggelar khitan massal, terbentur pandemi Covid-19 yang tidak memperbolehkan adanya kerumunan.

Meski begitu, lanjutnya, kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, demi saling menjaga kesehatan. Sebab itu, dirinya melibatkan sebanyak 20 warga Desa Mancilan, sebagai panitia kegiatan.

“Alhamdulillah, hari ini niat saya dan keluarga terkabul. Dua tahun kami menanti ini bisa terlaksana. Kegiatan ini semoga bisa membantu orang-orang yang ingin mengkhitankan anaknya tapi terkendala biaya,” kata M Kholiq.

Ia juga mengatakan bersyukur, kegiatan tersebut disambut positif oleh warga. Dikatakannya, dalam tenggat waktu 10 hari saja, pendaftarnya sudah memenuhi kuota yang disediakan.

“Kami berharap, kegiatan seperti ini bisa kami lakukan lagi di tahun mendatang. Dan semoga ini menjadi motivasi bagi orang lain,” pungkasnya.

Sementara itu, orang tua Anang (7) salah satu peserta khitan massal dari Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Jombang, menyampaikan terima kasih atas khitan massal yang dihelat Muhamad Kholiq sekeluarga ini.

Ia juga mengaku senang, lantaran tidak mengeluarkan biaya apapun untuk putranya yang dikhitan.

“Alhamdulillah, kami tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Malah selesai dikhitan anak-anak diberi hadiah dan amplop berisi uang. Kami turut berdoa semoga bapak Muhammad Kholiq sekeluarga senantiasa sehat dan dilapangkan rezekinya oleh Allah SWT,” pungkasnya. *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *