Pengerjaan Terhenti, Jalan Rabat Beton di Sentul Jombang Mangkrak?

  • Bagikan
jalan rabat betok di sentul jombang1
Kondisi jalan rabat beton di Desa Sentul, Kecamatan Tembelang Jombang, yang terhenti dan diduga mangkrak.

FaktaJombang.com – Jalan rabat beton di Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, terpantau tak terurus, Rabu (17/2/2021). Bahkan, pembangunan jalan ini diduga mangkrak. Sebab, hingga saat ini, tidak ada pekerja yang melakukan aktivitasnya.

Selain itu, terdapat dua alat pengaduk pasir dan semen atau PC (molen) teronggok di pinggir jalan rabat tersebut. Di bagian pinggir dua sisi jalan cor tersebut, papan cor masih terpasang. Juga tampak dedaunan yang jatuh, berserakan dan lengket dengan jalan cor tersebut.

Anehnya lagi, ujung jalan cor tersebut tampak tidak rapi atau berserakan. Sedangkan papan cor yang terpasang, masih terpasang melebihi titik ujung jalan rabat. Selain itu, terdapat beberapa titik gundukan pasir. Juga satu drum berbahan plastik tempat air tergeletak di saluran irigasi sebelah jalan.

Di sekitar lokasi, tidak ditemukan papan nama proyek. Sehingga, warga setempat saat ditanya-tanya FaktaJombang.com, mengaku tidak tahu proyek tersebut. Baik soal jumlah dan sumber anggarannya.

“Pembangunan jalan rabat beton ini berhenti setelah Kepala Desa (Kades) Sentul meninggal dunia, beberapa waktu lalu. Dan sampai sekarang, sudah tidak ada yang mengerjakan,” ucap seorang warga yang enggan disebut namanya.

Dia juga mengatakan tidak tahu penyebab pasti mengapa pengerjaan jalan rabat beton itu tidak dilanjutkan atau berhenti. Padahal menurutnya, material seperti pasir dan koral masih ada di pinggir jalan.

“Kan eman pasirnya terbawa air hujan. Kalau penyebab pastinya, saya nggak tahu. Setahu saya, ini berhenti setelah Pak Kades meninggal dunia,” katanya.

Disinggung jumlah dana pembangunan dan sumber dananya, ia juga menjawab tidak tahu. “Seingat saya, papan nama proyek juga belum ditancapkan,” paparnya.

Ia hanya berharap, pembangunan jalan rabat beton tersebut dilanjutkan. Mengingat, warga setempat sudah lama berkeinginan jalan tersebut dibangun. “Dengar-dengar, harusnya dibangun sampai ujung jalan sana,” ucapnya sambil menunjuk.

Sementara diperoleh informasi, pembangunan jalan rabat beton di Desa Sentul tersebut sebesar Rp 150 Juta, dari dana Bantuan Keuangan untuk Desa (BK-Desa) tahun anggaran 2020.

Hingga berita ini diunggah, FaktaJombang.com masih berupaya mengonfirmasi pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Sentul, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Pasalnya, beberapa saat setelah temuan serta wawancara warga setempat, Sekretaris Desa (Sekdes) masih belum bisa dikonfirmasi. (ay/fj)

jalan rabat beton di sentul jombang1
Kondisi jalan rabat beton pada ujung pengerjaan.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *