Dua Proyek Rabat Beton di Cangkringrandu Jombang Diduga Tak Transparan

Proyek rabat beton Hibah Pemprov Jatim yang berada di utara jalan jurusan Desa Cangkringrandu dengan Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang

FaktaJombang.com – Dua proyek jalan rabat beton di Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, diduga kuat tidak transparan.

Pasalnya, dua proyek ini tidak menampilkan volume dan besaran anggaran di prasastinya. Pun demikian dengan papan proyek, tidak didapati di lokasi proyek.

Letak dua proyek tersebut, tidak berjauhan alias berdekatan. Satu proyek berada di selatan jalan jurusan Desa Cangkringrandu dengan Desa Sukorejo. Satunya lagi, berada di utara jalan setempat.

Pantauan di lokasi, terdapat prasasti pada titik nol masing-masing proyek tersebut. Dalam prasasti itu menyebutkan, proyek rabat beton tersebut merupakan Hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2021.

Proyek yang berada di selatan jalan, tertulis jika dikerjakan kelompok masyarakat (Pokmas) Guyub Rukun 3. Sedangkan yang utara jalan atau menuju salah satu perusahaan Farm, tertulis dikerjakan Pokmas Megah Abadi.

“Iya ya, dua proyek itu ternyata nggak tercantum besaran anggaran dan volume pekerjaan pada prasastinya. Saya juga baru tahu ini,” kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya, Kamis (7/4/2022).

Ditanya bulan apa pekerjaan rabat beton itu selesai, dia menjawab kurang tahu. Begitu juga saat ditanya apakah saat pekerjaan berlangsung, tertancap papan nama proyek atau tidak, ia mengatakan juga tidak begitu memperhatikan.

“Saya juga nggak begitu perhatian saat itu proyek ini berlangsung, apakah ada papan nama proyek atau tidak. Yang jelas, pekerjaan ini masih hitungan bulan. Belum setahun,” paparnya.

Dia juga mengatakan, semestinya proyek tersebut mencantumkan secara detail volume dan besaran anggarannya. Dengan begitu, masyarakat bisa tahu dan turut memantau proyek rabat beton tersebut.

“Kalau nggak salah, ada yang mengatur itu. Seharusnya tercantum detail demi keterbukaan informasi. Kalau begini, kan jadinya diduga tidak transparan,” sebutnya.

Sementara ditanya soal panjang dan lebar pekerjaan rabat beton, dia hanya menaksir. “Kalau saya taksir, panjang rabat beton ini sekitar 200 meter, lebarnya sekitar 2,5 meter, Yang sana, sepertinya sama sih,” katanya saat berada di pekerjaan rabat beton sebelah utara jalan.

Sayangnya, hingga berita ini diunggah, FaktaJombang.com belum berhasil mengkonfirmasi pihak Pokmas Megah Abadi 3 maupun Pokmas Megah Abadi. Meski begitu, konfirmasi terkait proyek rabat beton ini masih tetap diupayakan. *)

Proyek rabat beton Hibah Pemprov Jatim yang berada di selatan jalan jurusan Desa Cangkringrandu dengan Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *