Gedung Latih Kesenian SDN Balonggemek 1 Jombang Roboh Diterjang Angin Kencang

  • Bagikan
gedung SDN Balonggemek 1 Megaluh Jombang roboh
Kondisi puing reruntuhan bangunan gedung latihan kesenian SDN Balonggemek 1 Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Tembok bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Balonggemek 1 Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, roboh akibat diterjang angin kencang disertai hujan, Kamis (25/11/2021) sekitar jam 16.00 WIB.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa tersebut. Sebab, saat kejadian, gedung yang berfungsi sebagai latihan kesenian siswa-siswi, sedang kosong atau tidak ada kegiatan peserta didik.

“Alhamdulillah tidak ada korban. Saat itu anak-anak tidak ada kegiatan karena juga mendung. Biasanya setiap sore ada latihan banjari,” kata Subiadi (54), Kepala SDN Balonggemek 1, di lokasi kejadian.

Dijelaskannya, tembok bangunan yang porak-poranda itu adalah bagian belakang gedung aula sekolah. Gedung itu, biasanya dipakai peserta didiknya untuk latihan kesenian. Selain itu, atap berbahan galvalum juga ambyar.

Saking kencangnya angin, puing reruntuhan tembok dan atap galvalum terdorong hingga masuk ke gedung kesenian. “Ada juga yang terlempar keluar gedung sekitar 12 meter. Karena memang kondisi bangunannya tembus,” paparnya.

Dijelaskannya, bangunan yang roboh tersebut sudah berusia lama. Dibangun sekitar tahun 1960-an dan baru sekitar dua tahun lalu dilakukan renovasi. “Waktu itu diperbaiki hanya mengganti atapnya saja sesuai kemampuan kami,” katanya.

Meski atapnya sudah diperbaiki, namun kemudian ambruk diterjang angin kencang. Karena kayunya memang sudah lapuk. Dan bangunannya tidak kuat menyangga. Saat ada angin, ya ambruk juga,” ujar Subiadi.

Pihaknya juga mengatakan, kegiatan peserta didiknya akan dialihkan ke ruangan lain. “Di musala juga bisa, agar anak-anak tetap bisa latihan,” jawabnya.

Sementara itu, seorang warga setempat, Candra (39) mengatakan, robohnya bangunan tersebut diketahui saat turun hujan disertai angin kencang. Ia mengaku, saat itu sedang hujan-hujan di halaman rumahnya yang berada tepat di depan sekolah.

“Tiba-tiba angin berhembus kencang. Tak lama kemudian ada suara bruuaaak dari sekolahan. Saya melihat, tenyata gedung kesenian yang berada di belakang aula sekolah roboh dan rata dengan tanah,” katanya kepada FaktaJombang.com, Kamis (25/11/2021) petang, sekitar pukul 19.00 WIB. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *