Gudang Oven Tembakau di Gedongombo Jombang, Terbakar

  • Bagikan
gudang tembakau di ploso jombang terbakar
Petugas saat memadamkan api yang membakar gudang oven tembakau di Dusun Balong, Desa Gedongombo, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, dibantu warga sekitar, Selasa (28/9/2021).

FaktaJombang.com – Gudang oven tembakau di Dusun Balong, Desa Gedongombo, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, hangus terbakar. Diduga, kebakaran tersebut berasal dari percikan api mesin oven.

Informasi yang didapat, gudang oven tembakau tersebut dilalap si jago merah pada Selasa 28 September 2021 sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu, Darmo (45) pekerja gudang yang datang untuk bekerja, langsung menyalakan oven dengan membakar kayu. Proses ini untuk mengeringkan tembakau.

Setelah itu, Darmo keluar gudang menuju ke warung dekat gudang untuk sarapan. Hingga setengah jam kemudian, ia kembali lagi ke tempat kerjanya.

“Nah, saat itulah, saksi melihat api mulai merambat keluar dari tungku oven,” kata Kompol Paidi Sadiarto, Kapolsek Ploso.

Sejurus kemudian, warga sekitar berupaya melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Namun, usaha warga memadamkan api, tak membuahkan hasil. Sekitar pukul 09.17 WIB, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi. Masing-masing, truk fire pumper dan truk supply.

Karena banyak benda mudah terbakar di dalam gudang, membuat api tidak mudah dipadamkan. Hampir dua jam, petugas Damkar harus berjibaku sampai api benar-benar padam.

“Kondisi terakhir, gudang dan isinya hangus. Atap gudang juga rusak akibat kebakaran. Kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 100 juta,” rinci Paidi Sadiarto.

Pihaknya menuturkan, dari olah tempat kejadian perkara (TKP), kebakaran diduga dipicu dari api tungku oven yang menjalar ke luar dan membakar isi gudang.

Paidi Sadiarto juga memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. “Korban jiwa atau luka, nihil. Kebakaran itu mengakibatkan kerugian materiil,” pungkas Paidi Sadiarto. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *