Kolam di Segodorejo Jombang Jebol, Ratusan Warga Berburu Ikan Lele di Sawah

  • Bagikan
Suasana perburuan ikan lele yang bertebaran di sawah yang berada di perbatasan Desa Segodorejo dengan Desa Sumobito, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jumat (11/3/2022)

FaktaJombang.com – Ratusan orang berbondong-bondong datang ke area persawahan di Desa/ Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jumat (11/3/2022). Mereka bukan untuk menabur pupuk atau panen, melainkan berburu dan memancing ikan.

Ikan yang diburu warga hingga masuk ke sawah yang ditanami padi yang masih hijau tersebut, yakni ikan lele. Ada yang berburu pakai tangan kosong, sebagian lagi ada yang pakai pancing.

Informasi yang diperoleh, ikan lele hingga tersebar di sawah yang berada di perbatasan antara Desa Sumobito dengan Desa Segodorejo ini, disebabkan kolam ikan tersebut jebol karena terkena banjir. Pemilik kolam ikan itu, yakni Eko Sumantono, warga Segodorejo.

“Benar kolam ikan saya satu petak jebol akibat terkena arus banjir. Jebonya Jumat tadi sekitar ja 09.00 WIB,” kata Eko saat ditemui di lokasi kolamnya, desa Segodorejo.

Menurutnya, kolam satu petak yang jebol itu, berisi sekitar 200 ribu ikan lele berumur 5 bulan. Per ekornya memiliki bobot 0,5 hingga hampir 1 kilogram.

“Ikannya siap panen. Kemarin saya bancaki (selamatan) karena mau panen. Tapi Tuhan berkendak lain,” ujar Eko Sumantono.

Meski kalkulasinya merugi, Eko malah menganggapnya sebagai sedekah. “Ya dianggap sodaqoh aja, biar hati ini tenang dan tidak mikir kerugian,” ungkapnya.

Sementara itu, Mukid (28) pemuda asal Brudu, Kecamatan Sumobito, Jombang mengaku tahu ada kolam yang jebol dan ikannya bertebaran ke sawah di Desa Sumobito, dari beberapa temannya.

“Dapat info begitu, ya langsung mancing ke sini. Alhamdulillah baru saja mancing sudah dapat satu ekor ikan lele, ukurannya lumayan besar,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, hingga Jumat pukul 15.00 WIB masih banyak orang berdatangan untuk berburu ikan lele. Tak hanya lelaki saja, emak-emak dan anak-anak pun antusias berburu ikan. Mereka tak hanya datang dari Desa Segodorejo dan Desa Sumobito. Beberapa warga tetangga desa tersebut juga ikut berburu dan mancing ikan lele. *)

Tonton videonya:

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *