Puluhan Sopir Bus Jalani Tes Urine di Terminal Jombang, Ini Hasilnya

  • Bagikan
Tes urine kru bus umum di Terminal Kepuhsari, Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, polisi di Jombang, Jawa Timur, menggelar tes urine mendadak kepada sopir dan kernet bus di Terminal Kepuhsari, Desa Keplaksari, Kecematan Peterongan, Jombang, Jumat (24/12/2021).

Upaya ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat, utamanya para penumpang yang memanfaatkan fasilitas kendaraan umum sebagai sarana transportasi mereka saat liburan Nataru.

Tak kurang dari 30 bus diarahkan petugas masuk ke area terminal. Satu per satu mereka diberi wadah untuk tempat sampel urine.

Petugas kemudian melakukan tes satu per satu urine para sopir serta kernetnya menggunakan alat enam parameter. Alat ini mampu mendeteksi kandungan narkoba seperti ganja, amphetamin, metametamin, morfin cocain alkohol dan sebagainya.

“Target kami hari ini sebanyak 30 terlebih dahulu, kita melihat situasi dan kondisi ramainya terminal sini. Sementara yang kita cek sopir bus sama kernetnya,” kata AKP Riza Rahman, Kasat Resnarkoba Polres Jombang, usai tes urine.

Selain bagian dari memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat pada Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, tes urine ini untuk mengantisipasi peredaran narkoba di kalangan kru angkutan umum. Sebab, sangat berbahaya terlebih saat berkendara.

Riza Rahman juga memastikan, akan memproses sesuai hukum yang berlaku, jika menemukan sopir yang terbukti ‘nakal’ menggunakan narkoba.

“Karena kita tahu, kalau misalnya pengemudi atau kondektur bus tersebut terindikasi memakai narkotika ataupun Miras (minuman keras), dikhawatirkan mereka membawa mobilnya dengan tidak aman,” lanjutnya.

Meski demikian, tidak ada satupun kru bus umum ini yang terindikasi mengkonsumsi narkoba atau minuman keras. Dari 30 sampel urine yang dites, semuanya diketahui negatif. Tes urine ini juga akan dilakukan berkala sampai masa liburan Nataru 2022 ini berkakhir.

“Dari keseluruhan tidak ada yang terindikasi mengonsumsi narkotika maupun alkohol,” pungkasnya. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *