Usai Bukber. Puluhan Karyawan Pabrik Sepatu di Bareng Jombang Keracunan

  • Bagikan
karyawan PT Venezia keracunan
Sebagian karyawan PT Venezia, Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, dirawat di RSK Mojowarno akibat keracunan massal.

FaktaJombang.com – Sebanyak 78 karyawan PT Venezia Footwear, Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, harus dilarikan ke RSK Mojowarno dan Puskesmas Bareng, Kabupaten Jombang. Pasalnya, mereka diduga mengalami keracunan massal.

Rata-rata, karyawan pabrik sepatu ini mengeluh mual, muntah, pusing, dan diare. Ini setelah mereka melahap makanan nasi bungkus yang dibeli pihak perusahaan di warung depan pabrik, saat berbuka puasa bersama (Bukber) pada Kamis (29/4/2021).

“Menunya berupa nasi putih dengan lauk cecek dan tahu yang dimasak bumbu kecap pedas,” kata AKP Teguh Setiawan, Kasat Reskrim Polres Jombang, Jumat (30/4/2021).

Setelah buka puasa bersama, lanjut Teguh Setiawan, para karyawan kembali melanjutkan pekerjaannya. Karena memang hari itu, mereka sedang lembur kerja.

“Sekitar pukul 21.00 WIB, para karyawan selesai lembur kerja dan pulang ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Di saat mereka pulang, ada beberapa karyawan mengeluh mual dan pusing. Hanya saja, mereka menganggapnya keluhan yang mereka rasakan tidak cukup serius.

Puncaknya, pada Jumat (30/4/2021) sekitar pukul 07.30 WIB, para karyawan kembali datang ke pabrik sepatu itu untuk kembali bekerja. Namun, satu setengah jam kemudian atau pukul 08.00 WIB, keluhan mual dan muntah-muntah makin meluas dirasakan banyak karyawan.

“Hingga Jumat pukul 15.00 WIB, sebanyak 78 karyawan. Untuk yang dirawat di RSK Mojowarno sebanyak 74 orang dan 2 orang dirawat di Puskesmas Bareng,” rinci Teguh Setiawan.

Setelah polisi melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi, polisi menyita satu nasi bungkus dengan lauk cecek dan tahu bumbu kecap pedas. Selain itu, 1 botol air putih produksi pabrik setempat, 1 bungkus sisa kecap manis merek Sedap, dan sisa muntahan salah satu korban.

“Saat ini, kami masih melakukan pemeriksaan terhadap pihak pabrik dan pemilik warung. Untuk barang bukti tersebut kita kirim ke laboraturium forensik (Labfor),” pungkasnya. *)

polisi olah TKP di PT Venezia Bajaragung Jombang
Polisi saat berada di pabrik sepatu PT Venezia, Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *