YPBU Gadingmangu Jombang Diduga Terima Dana Sharing dari Sekolah

  • Bagikan
SMA Budi Utomo Perak Jombang
Gedung SMA Budi Utomo, Desa Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Selain dugaan penyelewengan Dana BOS tahun 2020, rupanya ada temuan baru yang berhembus kencang di tubuh Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU), Yayasan yang berada di Desa Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Yakni, temuan adanya belanja dana sharing yang diduga disetor tiga lembaga pendidikan (sekolah) di bawah naungan YPBU.

Ini seperti diungkap sumber FaktaJombang.com berdasarkan data yang dimilikinya. Dijelaskannya, dana sharing tersebut diberikan oleh SMP, SMA dan SMK Budi Utomo tiap tahun. Besarannnya, mencapai miliaran rupiah.

Hanya saja, ia tidak merinci secara pasti, sejak tahun berapa terdapat dana sharing ke Yayasan tersebut. Hanya saja, pihaknya mengatakan jika pos anggaran tersebut masuk di antara poin Belanja Lain-lain yang berbunyi Belanja Dana Sharing Yayasan.

“Kalau mulai tahun berapanya, kami kurang jelas. Yang kami tahu, dana sharing tersebut diberikan kepada YPBU tiap tahun. Jumlahnya miliaran. Kalau dalam laporannya, namanya Belanja Dana Sharing Yayasan,” ungkapnya, belum lama ini.

Sumber juga menduga, belanja dana sharing Yayasan tersebut bersumber dari dana yang didapat ketiga sekolah tersebut, yang diakumulasi dari biaya pendaftaran dan biaya pendidikan, termasuk Dana BOS masing-masing sekolah.

“Kami menduga, dana tersebut bersumber dari total pendapatan tiga sekolah. Termasuk juga dari Dana BOS. Kan biaya yang didapat sekolah-sekolah dari beberapa sumber. Di antaranya, biaya pendidikan anak didik per tahun, serta BOS,” bebernya.

Pihaknya juga berharap, temuan terkait pelaporan Belanja di sekolah yang berada di bawah naungan YPBU tersebut menjadi bahan pertimbangan jika dilakukan audit. Karena, sumber menduga adanya kejanggalan pada pelaporan tersebut.

“Kami berharap hal tersebut bisa diaudit dari lembaga independen agar bisa lebih jelas. Atau kalau perlu penegak hukum bisa turun untuk menanganinya,” harapnya.

Sayangnya, hingga berita ini diunggah, FaktaJombang.com belum berhasil mengonfirmasi Ketua YPBU Gadingmangu terkait hal tersebut. Namun, upaya konfirmasi tetap dilakukan hingga saat ini. *)

Baca sebelumnya: Jabatan Silang di SMP dan SMA Budi Utomo Jombang, Ternyata Sudah Lama

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *