Fokus Tangani Covid-19, PAC PDI Perjuangan se-Jombang Dirikan Posko Gotong Royong

Salah satu Posko Gotong di PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tembelang, Jombang.

FaktaJombang.com – Guna mempermudah menjangkau warga sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) karena terpapar Covid-19, serta fokus dalam penanganan virus Corona, Partai Demokrasi Indoneisa (PDI) Perjuangan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendirikan Posko.

Posko bernama Gotong Royong ini didirikan di seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan, atau sebanyak 21 kecamatan di Kabupaten Jombang.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang, Donny Anggun mengatakan, didirikannya Posko Gotong Royong ini, sebagai salah satu wadah yang berfungsi untuk mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya di Kota santri.

“Edukasi dan sosialisasi itu, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan pakai sabun), pentingnya pembatasan mobilitas/ PPKM. Informasi vaksinasi yang saat ini diadakan, informasi ketersediaan fasilitas kesehatan, obat-obatan, oksigen dan vitamin, informasi tata cara isolasi mandiri, isolasi terpadu, dan kondisi darurat,” jelas Donny, Senin (16/8/2021).

Selain fungsi edukasi dan sosialisasi, Posko Gotong Royong ini juga sebagai fungsi akumulasi dan distribusi logistik. Juga menyiapkan relawan Covid-19 dari kader PDI Perjuangan.

“Untuk logistik ini, merupakan hasil gotong royong kader. Di antaranya bahan makanan, makanan jadi, dan vitamin. Ini untuk mendukung warga sedang isoman,” tambah politi muda yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Jombang ini.

Posko tersebut, lanjutnya, juga sebagai sarana koordinasi. Baik antara masyarakat dengan kader, maupun dengan tokoh masyarakat, Satgas Covid-19 setempat, Satgas Covid-19 di tingkat yang lebih tinggi, dan koordinasi dengan OPD atau instansi pemerintah lainnya melalui kader di eksekutif atau legislatif.

Disinggung tempat yang digunakan sebagai Posko Gotong Royong, Donny mengaku menggunakan rumah salah seorang pengurus PAC atau membangun sendiri bangunan sederhana yang terbuat dari bahan kayu/triplek.

“Yang pasti, lokasinya strategis di seluruh kecamatan di Jombang. Sesuai instruksi Surat Edaran dari DPD PDI Perjuangan Jawa Timur,” ujarnya.

Donny juga merinci, setiap Posko Gotong Royong sudah menyiapkan berbagai kebutuhan peralatan Prokes, di ntaranya alat dan tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker siap pakai, makanan jadi, vitamin, dan kebutuhan lainnya.

“Juga disiapkan brosur berisi pentingnya vaksinasi, petunjuk isolasi mandiri yang benar. Ini sebagai sarana mengedukasi masyarakat,” pungkasnya. *)

Posko Gotong di PAC PDI Perjuangan Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.