Hujan Semalaman, Dua Dusun di Trawasan Jombang Terendam Banjir

  • Bagikan
Kondisi permukiman warga Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, yang terdampak banjir akibat luapan air sungai yang melintas di kawasan setempat, Kamis (10/3/2022).

FaktaJombang.com – Dua dusun di Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, terendam banjir dari luapan air singai Ngotok Ring Kanal, Kamis (10/3/2022). Dua dusun tersebut, yakni Dusun Trawasan dan Dusun Gebangsari.

Air sungai tersebut meluap, lantaran hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Jombang, mulai Rabu (10/3/2022) jelang petang hingga malam.

Seorang warga Dusun Trawasan, Abdul Munir (58) mengatakan, air mulai membanjiri rumahnya dan rumah tetangganya, pada Kamis (10/3/2022) pagi. Hingga saat ini, kedalaman air di halaman rumahnya sekitar 50 sentimeter lebih. Sementara di Dusun Gebangsari, katanya, kondisi air tambah tinggi hingga sekitar 1 meteran lebih.

“Tadi pagi datangnya air ini. Memang sudah seringkali terjadi seperti ini, ya kalau hujan lama dan amat deras gitu. Kan semalaman hujan deras, sehingga air sungai meluap dan dampaknya ke desa ini,” ujarnya.

Munir mengatakan, akibat banjir ini, banyak warga sekitar memilih libur bekerja dan berdiam diri di rumah, karena harus menjaga barang-barang berharga di rumahnya.

Selain itu, jalan di kawasan ini juga terendam air. Tak jarang, warga yang nekat menerobos banjir, tiba-tiba sepeda motornya mogok.

“Gimana mau kerja atau beraktivitas lain, sedangkan airnya tambah lama tambah tinggi, ya rata-rata diam di rumah. Mau keluar nanti pasti basah juga, meskipun pakai motor banyak yang mogok juga,” kata Munir yang berdiam diri di rumahnya.

Saat ini, warga dusun setempat mulai berjaga-jaga mengantisipasi banjir susulan, kalau saja hujan kembali mengguyur dengan durasi lama.

“Ya hanya bisa melakukan antisipasi saja. Takutnya nanti hujan deras lagi. Tapi semoga saja nggak hujan,” ucapnya.

Ia berharap, banjir tak lagi dirasakan warga dusun/ desa setempat. Pasalnya, Munir menyebutkan, jika kawasan ini merupakan langganan banjir akibat luapan air sungai yang melintas di kawasan ini.

“Setidaknya Pemkab Jombang turun tangan mengatasi penyebab banjir ini. Karena banjir seperti ini sudah sering di sini,” tuturnya. *)

Tonton videonya:

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *