Nyai Lily Wahid Berpulang, Gubernur Khofifah Takziah ke Tebuireng Jombang

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat di Ponpes Tebuireng, takziah atas berpulangnya Nyai Lily Wahid atau adik Gus Dur.

DIWEK | FaktaJombang.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Nyai Lili Chodijah Wahid, adik mendiang Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Orang nomor satu di Provinsi Jatim ini datang ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng untuk takziah bersama rombongannya. Sebelum ke Tebuireng, Khofifah melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

“Dari Wonosalam kita ke Tebuireng untuk takziah ke Tebuireng,” kata Khofifah yang didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab, di Wonosalam.

Sementara itu, kondisi kawasan Ponpes Tebuireng, Desa Cukr, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, ramai petakziah yang terus berdatangan ke pesantren yang berdiri tahun 1899 ini. Bahkan, jalan jurusan Jombang – Malang atau Pare Kediri, yang persis di depan pesantren setempat, juga disterilkan dari pengendara.

Baik dari arah Kediri atau Malang dan sebaliknya yaitu ke Jombang Kota, pengendara diminta mengambil rute lain yang tidak melewati Ponpes.

Humas Ponpes Tebuireng, M Abror Rosyidin menjelaskan, selain Khofifah, sejumlah pejabat dan tokoh sudah hadir di Tebuireng. Di antaranya Direktur BNI Jatim, Pimpinan NU Cyrcle, Gus Muwafiq, Danrem Mojokerto mewakili Pangdam Brawijaya.

“Jenazah almarhumah masih dalam perjalanan. Jam 11 siang tadi sampai tol Pekalongan. Diperkirakan sampai Tebuireng pukul empat sore. Petakziah terus berdatangan ke Tebuireng,” ujar Abror.

Seperti diberitakan, Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim meninggal dunia pada Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28 WIB di RSCM Jakarta.

Jenazah dibawa ke Jombang pada Selasa (10/5/2022) untuk dimakamkan di kompleks makam keluarga di Ponpes Tebuireng Jombang.

Lily Chodidjah Wahid merupakan anak ke-5 dari enam bersaudara yang lahir dari pasangan KH Abdul Wahid Hasyim dan Nyai Sholihah Bisri.

Anak pertama pasangan ini adalah KH Abdurrahman Wahid Ad-Dakhil alias Gus Dur, anak ke-2 Nyai Hj Aisyah Wahid, anak ke-3 KH Sholahuddin Wahid alias Gus Solah, ke-4 KH Umar Wahid, dan ke-6 KH Hasyim Wahid alias Gus Im.

Baca sebelumnya: Adik Kandung Gus Dur, Nyai Lily Wahid Berpulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *