Pembangunan Polindes di Tanggungkramat Jombang Disoal Warga, Ada Apa?

Polindes Tanggungkramat Ploso Jombang
Bangunan Polindes Desa Tanggungkramat, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang yang berdiri di eks lumbung kemakmuran, Dusun Kramat, desa setempat. (dok)

FaktaJombang.com – Sebuah bangunan eks Lumbung Kemakmuran yang berada di Dusun Kramat, Desa Tanggungkramat, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, disoal warga setempat.

Gedung yang dibangun pada tahun 2022 itu, rencananya diperuntukkan Polindes (pondok bersalin desa).

Lukman Hidayat (48) warga setempat menceritakan, pembangunan Polindes ini sebenarnya sudah dirancang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Kemudian, lewat Musyarawarah Desa (Musdes), lokasi Polindes ditetapkan berada di gedung PKK.

“Saat itu, memang ada Musdus dan Musdes) membahas pembangunan Polindes ini,” ceritanya, Selasa (28/12/2022)

Sebagai pendukung keberadaan Polindes, lanjutnya, kemudian dibangun sarana pendukung seperti jembatan, sumur bor serta toilet.

Hanya saja, dalam perjalanannya, pembangunan Polindes tersebut berhenti, karena terjadi penolakan. Lukman memprediksi, penolakan pembangunan Polindes di gedung PKK tersebut, disebabkan kurangnya koordinasi dan kesepakatan dengan tokoh-tokoh PKK.

“Saat itu, dua tokoh PKK termasuk sesepuh, menghampiri pak Kades. Kemudian, pembangunan itu dihentikan,” lanjut Lukman, yang merupakan perwakilan warga.

Kemudian, pembangunan Polindes ini dianggarkan kembali pada tahun 2022. Hanya saja, lokasinya tidak lagi di tempat awal. Melainkan di Lumbung Kemakmuran yang berada di Dusun Kramat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *