Pohon Tumbang Timpa Makam dan Pagar di Kedungturi Jombang, Kades: ‘Belum Ada Pembeli’

  • Bagikan
Kondisi pohon yang tumbang beberapa hari lalu yang menimpa makam Dusun Kedungbentul, Desa Kedungturi, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Sebuah pohon gayam yang berada di sebuah makam Dusun Kedungbentul, Desa Kedungturi, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, terpantau tumbang menimpa sejumlah makam, Jumat (3/12/2021).

Menurut sejumlah warga sekitar, pohon yang diperkirakan berusia puluhan tahun itu roboh akibat terjangan angin kencang, tiga hari lalu.

Selain menimpa makam, pohon setinggi sekitar 25 meter yang tumbang tersebut mengakibatkan tembok pagar hancur berantakan.

Pantauan di lokasi, kondisi pohon tumbang tersebut tampak dibiarkan begitu saja. Tidak ada tanda-tanda upaya pembersihan. Hanya terlihat sebagian dahannya tampak sudah ada yang dipotong.

Berbeda disampaikan Sutrisno (50), warga setempat. Dia mengatakan jika pohon tersebut tumbang bukan disebabkan tertiup angin kencang.

“Sebenarnya saat pohon itu tumbang, tidak sedang hujan. Tapi ntah kenapa secara tiba-tiba saja pohon tersebut roboh,” katanya.

Ia juga membenarkan, jika hingga saat ini, belum ada tindakan evakuasi pohon tumbang tersebut. “Nggak tahu, kok sampai dibiarkan begitu sampai saat ini,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Desa Kedungturi, Sugito mengatakan, pohon gayam tersebut tumbang akibat diterpa angin kencang beberapa hari lalu.

Kejadian itu, lanjutnya, sudah dimusyawarahkan bersama warganya dan disepakati jika pohon itu nantinya akan dijual. Dan uang dari hasil penjualan kayu, akan dibuat membangun pagar yang roboh dan memperbaiki sejumlah makam yang rusak akibat tertimpa pohon

“Tidak ada masalah kok, semuanya baik-baik saja. Tolong, jangan dibesar-besarkan. Itu bukan dibiarkan, tapi belum ada pembeli. Jadi ya mau bagaimana lagi, terpaksa dibiarkan di situ,” paparnya saat dikonfirmasi di kantor desa setempat, Jumat (3/12/2021).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *