Proyek Rabat Beton Mandek, TPK Sentul Jombang Ditengarai Tak Berfungsi

  • Bagikan
jalan rabat beton di sentul jombang1
Kondisi jalan rabat beton pada ujung pengerjaan.

FaktaJombang.com – Mandeknya proyek pembangunan jalan rabat beton di blok 9 Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, ditengarai lantaran tidak berfungsinya TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) di desa setempat.

Diketahui, pekerjaan proyek rabat beton tersebut terhenti lantaran meninggalnya Kepala Desa (Kades) Sentul, pada 12 Januari 2021 lalu. Dan pada Jumat 19 Februari 2021 kemarin, Pemdes setempat menggelar pertemuan dengan BPD dan pihak Kecamatan Tembelang. Hasilnya, proyek pembangunan jalan rabat beton akan dilanjutkan pada awal Maret 2021.

“Hari ini (Jumat) kan 40 harinya almarhum Kades Sentul. Dari pihak keluarga meminta waktu, nanti awal bulan akan dilanjut, bahan-bahan kan sudah ada,” kata Amir, Pj Kades Sentul saat dihubungi lewat nomor WhatsApp-nya, Jumat (19/2/2021) sore.

“Awal Maret dilanjutkan,” jawab Muchtar, Camat Tembelang melalui nomor WhatsApp-nya, Senin (22/2/2021).

Dugaan tidak berfungsinya TPK di desa Sentul, disampaikan salah satu kontraktor di Kabupaten Jombang yang namanya tidak mau disebut. Menurutnya, pekerjaan proyek semestinya tidak ada sangkut pautnya dengan Kades yang berhalangan tetap.

“Kan harusnya pekerjaan tetap berjalan dan dilaksanakan. Karena semua hal teknis sudah diserahkan ke TPK. Dan proyek itu tidak ada sangkut pautnya dengan peristiwa Kades yang berhalangan tetap atau meninggal dunia,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang aneh, sehingga pekerjaan tersebut terhenti setelah sang Kades meninggal, dan akan dilanjutkan pasca selamatan 40 hari meninggalnya Kades.

“Saya kok menilai di sini, TPK tidak ada fungsinya. Ya bisa saja TPK hanya sebagai formalitas. Lha, kan bisa dilihat dari situ, pekerjaan rabat beton terhenti sejak Kades meninggal. Kemudian, akan dilanjutkan pasca selametan 40 harinya. Itu pun setelah adanya pertemuan Pemdes, BPD Sentul serta pihak Kecamatan Tembelang,” bebernya.

“Kalau TPK itu berfungsi, saya meyakini pekerjaan rabat beton itu terus dilanjutkan. Karena memang tidak ada sangkut pautnya dengan itu,” tambahnya.

Sayangnya, TPK (tim pelaksana kegiatan) Desa Sentul saat dihubungi lewat nomor WhatsApp-nya, hanya tercantum “memanggil” alias bukan “berdering”.

Sementara itu, salah satu pegawai Kecamatan Tembelang saat dikonfirmasi terkait hubungannya proyek tersebut terhenti saat Kades berhalangan tetap atau meninggal, pihaknya enggan menjawab secara jelas.

“Mosok ngunu kudu tak jawab pertanyaane pean itu (Masak begitu harus saya jawab pertanyaannya sampean,” singkatnya. Sumber dari pegawai Kecamatan Tembelang ini sengaja FaktaJombang.com tidak cantumkan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (nas/fj)

Baca Sebelumnya: Soal Mandeknya Rabat Beton Sentul Jombang, Pj Kades Kerap Jawab “Belum Sejauh Itu”

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *