Selain Diduga Tak Transparan, Rabat Beton di Cangkringrandu Jombang Mulai Rusak dan Retak

Kondisi retak pada proyek rabat beton yang dikerjakan Pokmas Megah Abadi di Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Selain tidak mencantumkan volume dan besaran anggaran pada prasasti, konisi proyek rabat beton di Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang dikerjakan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Megah Abadi, sudah rusak.

Kerusakannya, terpantau pada permukaannya yang sudah terkelupas, sehingga kerikil cor mulai tampak dan bahkan ada yang berserakan. Selain permukaannya rusak, rabat beton ini juga terpantau sudah mulai retak di sejumlah titik.

Padahal, informasi yang diperoleh, proyek jalan rabat beton Hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2021 ini belum lama sekesai dikerjakan.

“Seingat saya, proyek ini belum satu tahun kok,” kata salah satu warga, Kamis (7/4/2022). Ia juga meminta agar namanya tidak disebutkan di media massa.

Sumber juga membenarkan, meski belum setahun, permukaan rabat beton yang lokasinya menuju salah satu perusahaan Farm tersebut, sudah mengalami kerusakan. Selain itu, terdapat keretakan cor di sejumlah titik.

“Kami menduga, dengan kondisi yang sudah rusak ini, pekerjaannya waktu itu asal-asalan,” ujarnya.

Selain dinilainya dikerjakan asal jadi, sumber memprediksi rabat beton yang tidak diketahui volume dan besaran anggarannya tersebut tidak akan bertahan lama.

“Lha gimana mau bertahan lama, lha wong baru dikerjakan saja sudah rusak begini kondisinya. Kami kok yakin, proyek ini dikerjakan asal jadi. Dan lagi, kami tidak bisa memantau karena tidak mencantumkan volume dan berapa anggarannya,” sambungnya.

Dirinya berharap, pihak terkait menindaklanjuti kondisi rabat beton ini, sehingga bisa diperbaiki. Karena, lanjutnya, pekerjaan tersebut masih dalam masa pemeliharaan.

“Setidaknya pihak terkait menegur pelaksananya atau bagaimanalah caranya sehingga bisa diperbaiki. Kan katanya ada masa pemeliharaan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, proyek rabat beton yang dikerjakan Pokmas Megah Abadi ini, merupakan salah satu dari dua proyek Hibah Pemprov Jatim tahun 2021. Hanya saja, pada prasasti dua proyek ini tidak mencantumkan volume dan besaran anggaran.

Letak dua proyek tersebut, tidak berjauhan alias berdekatan. Satu proyek berada di selatan jalan jurusan Desa Cangkringrandu dengan Desa Sukorejo. Satunya lagi, berada di utara jalan setempat.

Proyek yang berada di selatan jalan, tertulis jika dikerjakan kelompok masyarakat (Pokmas) Guyub Rukun 3. Sedangkan yang utara jalan atau menuju salah satu perusahaan Farm, tertulis dikerjakan Pokmas Megah Abadi.

Permukaan proyek rabat beton yang dikerjakan Pokmas Megah Abadi di Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, terpantau sudah rusak.

Baca sebelumnya:
Dua Proyek Rabat Beton di Cangkringrandu Jombang Diduga Tak Transparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *