Tanggul Sungai Jebol, Jalan Nasional Jombang – Nganjuk Tergenang Banjir

  • Bagikan
jalan nasional Jombang nganjuk terendam banjir
Kondisi jalan nasional Jombang - Nganjuk, tepatnya di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. terendam banjir.

FaktaJombang.com – Jalan nasional Jombang – Nganjuk, tergenang banjir. Selain itu, air juga menggenangi sebagian pemukiman di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Kamis (4/2/2021).

Banjir terjadi karena luapan air sungai avour akibat tanggul sungai Brawijaya jebol. Sebelumnya, kawasan Kediri Jombang dan sekitarnya diguyur hujan deras, sejak Rabu (31/1/2021) malam.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengairan Perak, M Herman mengatakan, jebolnya tanggul sungai Brawijaya diakibatkan oleh debit air tinggi yang membawa material kayu.

“Ini dampak dari sungai Konto di Damarwulan Kediri yang tinggi. Air nggak muat dan membawa sedimen berupa kayu-kayu banyak, air turun Dam Gude sampai masuk ke Avour Besuk dan Avour Brawijaya ini,” ujarnya.

Air sungai kemudian meluber ke area persawahan sekitar, juga tumpah ke jalan. Area sawah yang tersapu banjir di antaranya Desa Mojokambang, Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Puncaknya, air naik ke jalan nasional.

“Tadi pagi ketinggian air sekitar 30 sentimeter. Semakin siang, air semakin surut. Sempat terjadi kemacetan,” kata Ali, warga setempat.

Luapan air menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Raya Jombang – Nganjuk tepatnya di perlintasan kereta api Bandarkedungmulyo, tersendat. Kendaraan berjalan padat merayap.

“Kemacetan sudah hampir 4 kilometer saat saya menuju ke sini, kemcetan dari pintu tol Bandar Kedungmulyo sampai ke sini,” kata AKBP Agung Setyo Nugroho, Kapolres Jombang, saat meninjau lokasi banjir, Kamis (4/2/2021) pagi.

Menurutnya, untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas, pihaknya sudah melakukan pengaturan lalu lintas agar tidak semakin macet. Pihaknya juga melakukan pengalihan arus kendaraan melalui jalan tol Bandar Kedungmulyo.

“Mungkin dari arah Surabaya akan kita alihkan masuk pintu tol, kita berikan imbauan bahwa jalur macet, silakan melalui jalur tol. Kalau yang ke Kediri keluar pintu tol Nganjuk. Memang agak melambung sedikit, tapi lebih cepat untuk saat ini,” ujarnya.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang menyebutkan, selain jalan nasional Gondangmanis, banjir juga melanda sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Di antaranya Desa Banjarsari, Gondangmanis, Brangkal, dan Desa Pucangsimo. (af/fj)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *