Target 5.000, Seribu Santri Ponpes Gadingmangu Jombang Divaksin Tahap Satu

  • Bagikan
yayasan budi utomo ponpes gadingmangu perak jombang
Ketua dan pengurus Yayasan Pendidikan Budi Utomo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, di sela-sela vaksinasi 5.000 santri Ponpes Gadingmangu.

FaktaJombang.com – Sebanyak 1.000 santri dan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, mengikuti vaksinasi Covid-19 di halaman depan masjid Luhur Nurhasan, Senin (16/8/2021).

Vaksinasi jenis Sinovac tahap satu yang difasilitasi Kepolisian Resort (Polres) Jombang ini, dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB.

Menurut Ketua Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU), Wildy Istimror, seribu santri yang divaksin Covid-19 kali ini merupakan gelombang pertama dari target sebanyak 5.000 santri dan santriwati Ponpes Gadingmangu.

Selanjutnya, vaksinasi kepada santri Ponpes Gadingmangu ini digulirkan secara bergelombang hingga mencapai target. Mengingat, keterbatasan waktu dan ketersedian dosis vaksin.

“Alhamdulillah, di bulan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 ini, kita bekerjasama dengan Polri dan TNI untuk mengadakan program pemerintah yaitu vaksinasi,” tutur Wildy Istimror di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Pihaknya berharap, vaksinasi bisa diperuntukkan kepada santri Ponpes Gadingmangu secara keseluruhan yang mencapai lebih dari 7.000 santri. Ini akan berguna dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan menjauhkan dari virus Corona.

Meski sebelum vaksin, lanjutnya, Ponpes Gadingmangu sudah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat dalam keseharian di Ponpes.

“Dengan vaksin ini, kami berupaya menyempurnakan prokes tersebut. Dan kami berharap seluruh santri di Yayasan Budi Utomo divaksin secara sempurna,” harap Wildy Istimror.

Sementara Sekretaris YPBU Gadingmangu, Totok Rahardjo menambahkan, 1.000 santri yang divaksin pada gelombang ini merupakan siswa SMK Budi Utomo. Agenda selanjutnya, yakni vaksinasi kepada santri untuk tingkat pendidikan SMA dan SMP Budi Utomo.

“Persyaratan divaksin, santri dalam kondisi sehat, berusia 12 tahun ke atas, juga NIK (nomor induk keluarga,” tambahnya saat diwawancarai mendampingi Ketua YPBU.

Totok Rahardjo juga menyampaikan terima kasih kepada Polres Jombang beserta jajarannya yang memfasilitasi 5.000 vaksin kepada santri Ponpes Gadingmangu.

“Vaksinasi ini sangat berguna bagi kita semua untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho melalui Kapolsek Perak, AKP Dwi Retno Suharti menyampaikan, vaksinasi untuk santri ini berkat sinergitas Polri dengan pondok pesantren.

“Vaksin untuk gelombang pertama ini sebanyak seribu santri Ponpes Gadingmangu. Dengan jenis Sinovac tahap satu. Dan akan dilakukan vaksinasi kepada seluruh santri di sini secara bergelombang,” ujarnya.

Pihaknya berharap, program vaksinasi ini yakni untuk melakukan pencegahan penularan virus Corona.

“Kami berharap nantinya, lebih tujuh ribu santri di Ponpes Gadingmangu ini bisa divaksin seluruhnya,” pungkasnya.

Kapolsek Perak Dwi Retno Suharti
Kapolsek Perak, AKP Dwi Retno Suharti, bersama Totok Rahardjo, Sekretaris YPBU.

Sedangkan salah satu santriwati Ponpes Gadingmangu, Ferani Rezna Aulia mengaku tidak takut divaksin Covid-19. “Rasanya seperti disuntik biasa. Tadi ditanya usianya berapa, dan ditanya gejala yang dimiliki apa aja,” katanya.

Ia berharap vaksin tersebut bisa membuat santri di Ponpes Gadingmangu lebih sehat lagi dan terhindar dari virus Corona.

“Terima kasih kepada Kapolres Jombang yang sudah memfasilitasi vaksinasi untuk santri di sini,” pungkas siswi SMK kelas XII asal Bandung ini. *)

Tonton Videonya:

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *