Tertiup Angin Kencang, Dapur Rumah Warga Brodot Jombang Roboh

Dapur rumah milik Suwandi, warga Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, yang roboh diterjang angin kencang, (12/11/2021) sekitar jam 02.30 WIB.

FaktaJombang.com – Bencana angin kencang kembali menerjang wilayah Kabupaten Jombang. Kali ini, sebuah dapur rumah warga di Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, ambruk akibat terhempas angin.

Peristiwa ini dialami oleh Suwandi warga setempat pada Jumat (12/11/2021) sekitar jam 02.30 WIB, dini hari. Tembok dapur yang terbuat dari bata merah itu roboh dan porak-poranda. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Tidak ada korban jiwa, karena yang punya rumah di ruang tengah semua,” kata Muzayyinul Achsan, Fasdes (Fasilitator Desa) Desa Brodot.

Dia mengungkapkan, sebelum dapur milik Suwandi ambruk, desanya tengah diguyur hujan disertai angin kencang. Kejadian itu pun sudah dilaporkan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang.

“Sudah kami laporkan terkait bencana dan kerugian warga ini,” tandasnya.

Dalam peta kebencanaan Kabupaten Jombang, Desa Brodot merupakan salah satu desa rawan bencana. Selain bencana angin kencang, desa tersebut juga rawan banjir. Pasalnya, desa ini terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Konto dan Sungai Brantas.

Sebelumnya, yakni pada tahun 2014, bencana angin puting beliung juga melanda Desa Brodot. Saat itu, sekitar 70 rumah warga dilaporkan rusak.

Selain itu, pada 2019 puting beliung, kembali menerjang dan merusak sedikitnya 13 rumah warga. Dan terbaru, terjadi pada Februari lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.