TNI Bantu Perbaiki Rumah Warga Dua Desa di Jombang yang Rusak Diterjang Puting Beliung

  • Bagikan
Anggota Koramil 0814/03 Tembelang, Jombang, tengah membantu warga terdampak puting beliung wilayah Kecamatan Megaluh.

FaktaJombang.com – Pasca bencana angin puting beliung yang melanda dua desa di Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, belasan personel TNI dari Koramil setempat kerja bakti memperbaiki rumah warga yang rusak.

Seperti diketahui, ada sekitar 30 lebih rumah penduduk di Desa Ngogri dan Sumbersari yang mengalami kerusakan akibat hempasan hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Selasa 10 Januari 2021 sore kemarin. Atap yang materialnya terdiri dari genting dan asbes, rontok dan pecah.

Upaya perbaikan ini, fokus pada perbaikan atap rumah warga yang jebol. Petugas memperbaiki dan mengganti genting yang rusak itu secara swadaya.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 0814/03 Tembelang, Jombang, Kapten Chb Sugeng menyampaikan, selain perbaikan, anggotanya juga membersihkan sejumlah tempat fasilitas umum yang rusak.

“Kegiatan hari ini, upaya membantu masyarakat yang terkena dampak puting beliung. Difokuskan juga menyingkirkan pohon tumbang yang melintang di tengah jalan,” terangnya.

Karena keterbatasan material, perbaikan tidak bisa dikerjakan semuanya sekaligus. Namun demikian, petugas akan terus membantu warga hingga perbaikan ini kelar.

“Karena faktor cuaca dan keterbatasan material terutama genting dengan swadaya, sehingga banyak rumah warga belum bisa diperbaiki hari ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Megaluh, Jombang, yakni Desa Sumbersari dan Desa Ngogri rusak setelah dihantam angin puting beliung.

Di Desa Sumbersari, tercatat ada sebuah rumah yang terdampak dan sejumlah pohon tumbang. Sementara di Desa Ngogri yang paling parah. Ada sekitar 30 rumah penduduk setempat rusak pada atapnya. 4 di antaranya rusak parah. Salah satunya, tembok rumahnya ambruk. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *