Calon Istri Ustaz Abdul Somad, Seorang Hafizah dan Mondok di Ponpes Gontor

  • Bagikan
kaur kesra desa kepuhkembeng jombang
Kaur Kesra Pemdes Kepuhkembeng, Anang Khoirudin, menunjukkan data syarat pernikahan Fatimah Az Zahra dengan Ustad Abdul Somad.

FaktaJombang.com – Rencana Ustaz Abdul Somad (UAS) melepas status dudanya dengan mempersunting Fatimah Az Zahra binti Salim Barabud (20), warga Perum Kepuh Permai D-4 Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, pada 17 Mei 2021 mendatang, ramai diberitakan.

Kaur Kesra Pemdes Kepuhkembeng, Anang Khoirudin mengaku sempat kaget saat Salim Barabud mengajukan berkas pernikahan putrinya dengan UAS, ke Balai Desa Kepuhkembeng pada 5 April 2021 atau sebelum memasuki bulan puasa Ramadan lalu.

“Ya sempat kaget. Malah waktu itu saya tanya ke Pak Salim, apa betul ini pak, putrinya akan menikah dengan Abdul Somad Batubara ini,” ceritanya kepada FaktaJombang.com, Sabtu (24/4/2021).

Masih dalam rasa kaget, lanjutnya, ia pun mengecek semua berkas pengajuan nikah. Mulai KTP Kartu Keluarga (KK), ijazah, akta kelahiran, serta akta cerai UAS yang diputuskan di Pengadilan Agama Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Akta cerainya sudah talak raj’i per 12 Januari lalu. Dengan begitu, UAS berstatus cerai hidup dalam arti duda. Juga sudah ada rekomendasi dari Pemdes sana (Desa Koto Perambahan), KUA Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar,” papar Nanang.

“Setelah mengecek berkas pihak calon pengantin putra, kita juga cek berkas calon pengantin putri. Semuanya lengkap. Dan sesuai prosedur sudah bisa saya terima. Berkas-berkas itu sudah saya serahkan ke KUA Peterongan,” sambungnya.

Nanang Khoirudin juga menceritakan, sempat menanyakan ke Salim Barabud hingga putrinya yang berusia 20 tahun itu akan dipersunting UAS.

“Beliaunya cerita sedikit sih, tapi itu untuk konsumsi saya saja. Memang, Fatimah Az Zahra itu hafizah dan mondok di Ponpes Gontor. Bertemunya, hasil ta’aruf dengan kiai atau bu nyai di pesantren Gontor,” katanya.

Disinggung tanggal dan tempat berlangsungnya pernikahan antara UAS dengan Fatimah Az Zahra, “Sebenarnya dari awal pak Salim pesan agar tidak dipublikasi. Tapi ya bagaimana lagi, keduluan ramai diberitakan. Ya pelaksanaanya tanggal 20 Mei 2021 itu,” ungkanya.

Sementara prosesi rapak atau pemeriksaan calon pengantin (Catin) putra dan putri, serta wali, Nanang belum bisa memastikan kapan pelaksanaan rapak tersebut.

“Yang pasti, calon pengantinnya wajib datang untuk rapak. Kalau kapan rapaknya, tergantung dari KUA. Kemungkinan ditoleransi menunggu waktu longgarnya calon pengantin, karena faktor kesibukan. Yang penting, tidak mepet hari pelaksanaan akad nikah,” jawab Nanang.

Sekilas Tentang Calon Istri UAS

Seperti diungkapkan Nanang Khoirudin, Kaur Kesra Pemdes Kepuhkembeng, Fatimah Az Zahra, adalah seorang hafizah (penghafal Al-Qur’an) dan menempuh pendidikan atau mondok di Pondok Pesantren Modern Gontor.

Sayangnya, belum diperoleh informasi mendalam terkait sosok gadis yang mampu menaklukkan hati pendakwah kondang itu (UAS).

Kediaman orang tuanya, yakni Salim Barabud di Perumahan Kepuh Permai, saat didatangi sejumlah wartawan pada Sabtu (24/4/2021), dalam kondisi kosong. Hanya ada seorang pembantu atau penjaga rumah.

Namun, informasi dari RT setempat, jika Fatimah Az Zahra merupakan putri keempat dari 7 bersaudara dari pasangan suami istri (Pasutri) Salim Barabud dengan Kulsum.

“Insya Allah informasi itu betul. Memang anaknya banyak. Kalau pastinya, bisa dilihat di KK. Tapi saya sedang nggak pegang,” singkat Kepala Dusun (Kasun) setempat, Sabtu (24/4/2021). Ia tidak bisa menjelaskan secara pasti saat diwawancarai.

Disinggung soal pekerjaan orang tua Fatimah Az Zahra, lagi-lagi Kasun tidak bisa mengungkapkan secara pasti. “Setahu saya, Pak Salim itu bisnis kulit, sering ke luar kota bahkan luar Jawa. Ya itu sebatas yang saya tahu. Pak Salim itu kan keturunan Arab, tentu bisnisnya banyak,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, Salim Barabud sudah lama tinggal di Perumahan Kepuh Permai. Menurutnya, selain keturunan Arab, Salim Barabud asli warga Desa/ Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Di desa tersebut, katanya, juga banyak saudara-saudaranya nya.

“Tinggal di situ (Kepuh Permai) sudah lama, sekitar lebih 20 tahun. Seingat saya, waktu perumahan pertama, sudah di situ. Pak Salim aslinya Desa Peterongan. Banyak dulur-dulurnya di situ,” pungkasnya. *)

rumah orang tua calon istri ustaz abdul somad
Rumah Salim Barabud, orang tua calon istri Ustaz Abdul Somad di Perumahan Kepuh Permai, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Bakal Nikahi Gadis Kepuhkembeng Jombang, Ini Jadwal Akadnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *