Disebut Sudah Disurvei PUPR Jombang, Jalan Rusak di Gedangan Tak Kunjung Diperbaiki

  • Bagikan
jalan rusak di desa gedangan sumobito jombang
Kondisi jalan rusak di Dusun Borocilik, Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Jalan di Dusun Borocilik, Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang kondisinya rusak selama sekitar 2 tahun tersebut, ternyata sudah disurvei Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat.

Bahkan, survei yang dilakukan PUPR Jombang ini, disebut-sebut, tidak hanya sekali. Melainkan sudah dua kali. Meski begitu, kondisi jalan lapen tersebut belum juga diperbaiki.

“Jalan ini sudah disurvei petugas dari PUPR Jombang dua kali. Saya hanya ingat saat survei hampir setahun lalu, yaitu pada Rabu 16 Desember 2020 lalu, pukul 13.00 WIB,” kata seorang warga setempat yang meminta namanya diinisial B, Kamis (11/11/2021).

Warga setempat, termasuk dirinya, mengaku senang mengetahui adanya survei dari pihak terkait. Sebab, dia mengaku sempat mendengarkan janji pegawai Dinas PUPR. Menurutnya, mereka berjanji akan memperbaiki jalan tersebut sekitar April 2021.

Namun, lanjutnya, “angin surga” yang dilontarkan petugas survei kala itu, tak kunjung terealisasi hingga saat ini yang sudah di penghujung tahun 2021.

“Saat itu, petugas yang survey, berjanji pada kami akan memperbaiki jalan yang rusak ini pada April 2021. Tapi kenyataannya sampai saat ini tidak ada apa-apa,” ungkapnya.

Meski sudah diberi janji, kata dia, kerusakan jalan tersebut ditangani oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Gedangan. Tujuannya, lanjutnya, untuk mengurangi risiko bagi pengguna jalan.

“Pemdes Gedangan sempat melakukan tambal sulam dengan material tras. Selain agar tidak terlalu berbahaya bagi pengguna jalan, juga agar lebih ringan ketika diperbaiki,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Gedangan, Edi membenarkan upaya membenahi jalan yang posisinya berada di perbatasan tiga kecamatan tersebut. Yakni, antara Kecamatan Sumobito dengan Desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan, dan berbatasan dengan Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben.

“Benar, waktu itu kami tambal dengan tras. Pakai dana pribadi kok,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menjamin akan melakukan pembangunan berupa drainase di pinggir jalan tersebut, jika jalan itu dibenahi.

“Sampai saya beri tantangan pada PUPR, kalau jalan ini dibetulkan maka drainase yang ada di pinggir jalan ini akan kami bangun. Tujuan saya bicara seperti itu biar jalan ini cepat dibangun,” papar Kades Edi.

Pihaknya menambahkan, jika Pemdes Gedangan juga sudah mengajukan proposal ke Dinas PUPR Jombang. “Sudah kami ajukan proposal, tapi belum ada tanggapan sampai saat ini,” pungkasnya. *)

Baca sebelumnya: Jalan Rusak di Gedangan Sumobito Jombang Dikeluhkan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *