Guru SMPN 1 Peterongan Diduga Rekreasi, Disesalkan Komisi D DPRD Jombang

  • Bagikan
HM Syarif Hidayatulloh (Gus Sentot) wakil ketua Komisi D DPRD Jombang, di sebuah kesempatan.

FaktaJombang.com – Sejumlah guru SMPN 1 Peterongan, Kabupaten Jombang yang diduga rekreasi saat jam aktif, pada Sabtu 15 Januari 2022 pagi, disesalkan HM Syarif Hidayatulloh, wakil ketua Komisi D DPRD Jombang.

“Saya sangat menyesalkan kejadian tersebut, mestinya mereka berpikir sebelum bertindak,” ucap Gus Sentot, sapaan akrabnya, saat dihubungi lewat ponselnya, Senin (17/1/2022) pagi.

Gus Sentot menuturkan, jika benar rekreasi itu dilakukan saat jam aktif, tentunya mereka mengesampingkan hak peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran secara tatap muka. Apalagi, sekolah-sekolah di Jombang bahkan di Indonesia, lama melakukan pembelajaran secara daring karena pandemi Covid-19.

“Kalau ditinggal rekreasi, piknik, jelas mengurangi hak siswa ini. Ini kan laporan masyarakat, yang hak anaknya terkurangi karena guru tidak ada saat jam aktif,” sambungnya.

Pihaknya meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang, segera menindaklanjuti persoalan ini, dengan melakukan kroscek terkait laporan dari masyarakat atau wali mulid tersebut.

Atas perkara ini, Gus Sentot berharap, Disdikbud bersikap tegas ke sejumlah guru SMPN 1 Peterongan, jika informasi rekreasi itu benar-benar dilaksanakan.

Tak hanya Disdikbud, Dewan Pendidikan Jombang juga diharapkan turut menyikapi secara bijak terkait peristiwa ini.

Menurutnya, jika memang ditemukan pelanggaran kode etik, pihak terkait bisa memberikan sanksi kepada sejumlah guru tersebut. Soal kategori sanksi apakah ringan atau sedang, lanjutnya, tergantung bobot pelanggarannya, dan itu yang berhak menentukan adalah pihak terkait.

Pemberian sanksi, katanya, diharapkan mampu memberi efek jera, dan agar kejadian yang sama tidak terulang dan tidak menjadi contoh sekolah lain.

“Tentunya, kroscek itu tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah ya. Kalau memang benar kenyataanya rekreasi saat jam aktif, ya harus diberikan peringatan atau sanksi agar hal ini tidak terulang dan menjadi contoh bagi sekolah lain,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah guru SMP Negeri 1 Peterongan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diduga bepergian di saat jam sekolah aktif berlangsung, Sabtu (15/1/2022). Rombongan satu kendaraan tersebut, disebut-sebut sedang rekreasi ke Tuban.

Salah satu wali murid SMPN setempat mengaku, melihat satu mobil Elf yang mengangkut puluhan guru SMPN 1 Peterongan pada Sabtu pagi, saat dirinya sedang mengantar sekolah anaknya.

Informasi terakhir, tujuan rekreasi sejumlah guru tersebut disebut-sebut ke pantai Sumilir, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Hanya saja, hingga berita ini diunggah, FaktaJombang.com belum bisa mengonfirmasi kepala SMPN 1 Peterongan terkait hal ini, termasuk tujuan rekreasi tersebut. Namun, upaya konfirmasi masih terus dilakukan. *)

Baca sebelumnya: Sejumlah Guru SMPN 1 Peterongan Jombang Diduga Rekreasi Saat Jam Aktif

Penulis: Dandy AnggaEditor: Arief Anas
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *