ITS Surabaya Latih Khusus Pemandu Wisata Taman Kehati Wonosalam Jombang

  • Bagikan
penyuluhan taman kehati wonosalam jombang
Suasana penyampaian materi dalam Workshop Bioekologi Guna Penguatan Kapasitas Pemandu Wisata Lokal Taman Kehati, Wonosalam, Jombang, Jawa Timur

FaktaJombang.com – Belasan warga yang tergabung dalam Pokmas (Kelompok Masyarakat) Kehati Jombang, dibekali seluk-beluk Taman Kehati Wonosalam, Kabupaten Jombang, selama dua hari, Selasa 31 Agustus dan Rabu 1 September.

Tujuannya, untuk meningkatkan kompetensi pemandu wisata lokal terkait keanekaragaman hayati flora dan fauna di kawasan Taman Kehati Wonosalam, Jombang

Penyuluhan ini digelar Laboratorium Ekologi, Departemen Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, didukung Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS Surabaya.

Dalam kegiatan ini, peserta diberi beragam materi tentang kepariwisataan dan sejarah objek wisata Taman Kehati yang berada di kawasan PD Perkebunan Panglungan, Desa Sumberejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Selain itu, materi tentang keanekaragaman tanaman koleksi Taman Kehati, potensi pemanfaatan spesies tanaman koleksi Taman Kehati, serta Status dan kondisi keanekaragaman fauna.

Koordinator kegiatan, Farid Kamal Muzaki menuturkan, penyuluhan tersebut diselenggarakan berawal dari kebutuhan Pokmas Kehati yang menjadi pemandu wisata, agar lebih memiliki wawasan lebih detail saat mengedukasi pengunjung.

Sejauh ini, kata Farid, wisata Kehati Jombang telah menjadi jujugan ekowisata bagi pelajar. Yaitu, wisata berwawasan lingkungan yang mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan

“Penyuluhan ini untuk menambah wawasan bagi pemandu wisata, mengenai keanekaragaman koleksi tumbuhan serta potensi Taman Kehati sebagai kantong biodiversitas bagi fauna-fauna yang berhabitat di Taman Kehati ini,” paparnya.

Selain materi, juga diberikan kegiatan lapangan. Di antaranya, pengenalan secara langsung keanekaragaman flora dan fauna di Taman Kehati, serta simulasi game sederhana untuk mengenalkan keanekaragaman hayati bagi pengunjung terutama para pelajar.

Kegiatan ini, menggandeng Pokmas Kehati Kabupaten Jombang di Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Jombang, serta melibatkan Bidang Konservasi pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang sebagai pengelola Taman Kehati Jombang. *)

penyuluhan taman kehati wonosalam jombang 1
Pengenalan lapangan keanekaragaman flora dan fauna di Taman Kehati, serta simulasi game sederhana.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *