Struktur Bata dan Benda Kuno Ditemukan di Sumbernongko Jombang

Struktur bata kuno berukuran besar yang ditemukan warga di Dusun Cangak, Desa Sumbernongko, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur,

FaktaJombang.com – Warga Dusun Cangak, Desa Sumbernongko, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dikejutkan dengan temuan benda-benda kuno di lahan kawasan Perhutani. Tidak jauh dari Situs Gunung Pucangan dan Sendang Made.

Temuan tersebut di antaranya, struktur batu bata kuno berukuran besar, tulang-belulang, gerabah, keramik dan sejumlah benda artefak lainnya.

Diduga, lokasi temuan tersebut merupakan kawasan permukiman kaum bangsawan pada masa kerajaan. Hanya saja, belum diketahui masa kerajaan apa. Sebab, dibutuhkan penelitian lebih lanjut oleh pihak berwenang.

Fifi Irawati, Juru Pelihara (Jupel) Sendang Made yang berada di bawah naungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mengatakan, benda-benda kuno tersebut ditemukan warga yang mengelola lahan Perhutani ini, sekitar dua minggu sebelumnya.

“Ditemukan warga dua dua minggu lalu saat menggarap ladang ini. Maaf, saya lupa hari dan tanggalnya,” katanya, Rabu (5/1/2022).

Temuan itu, langsung dia laporkan ke pihak terkait. Seminggu kemudian, lanjut Fifi, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang, datang ke lokasi untuk melakukan survei dan penelitian awal.

“Ada struktur bata berukuran besar, beberapa pecahan gerabah dan keramik, tulang-belulang,” sambungnya.

Diungkapkannya, tidak jauh dari lokasi temuan kali ini, atau 400 meter dari lokasi temuan kali ini, sempat ditemukan benda-benda serupa. Temuan itu, berlangsung pada Tahun 2012 silam dan sudah diekskavasi BPCB Jawa Timur.

Hanya saja, Fifi tidak bisa memastikan temuan tersebut apakah memiliki keterkaitan dengan struktur yang ditemukan pada 2012 silam atau tidak, meskipun hanya sebatas dugaan.

“Karena harus ada penelitian lebih lanjut oleh pihak yang berkompeten,” ujar Fifi.

Terpisah, Pamong Budaya Ahli Muda Disdikbud Kabupaten Jombang, Iswahyudi Hidayat membenarkan temuan struktur bata merah kuno ukuran besar dan sejumlah benda-benda kuno lainnya di kawasan hutan area Perhutani Dusun Cangak, Desa Sumbernongko, Kecamatan Ngusikan tersebut.

Meski begitu, Iswahyudi Hidayat belum berani memastikan temuan tersebut dari era kerajaan mana. Pihaknya memprediksi, lokasi tersebut ditengarai merupakan permukiman kaum bangsawan tempo dulu.

“Seperti kita ketahui, secara geografis, lokasi temuan tersebut tidak jauh dari Situs Pucangan dan Situs Sendang Made,” ungkapnya.

Di mana, lanjutnya, Situs Gunung Pucangan merupakan petilasan Dewi Kilisuci. “Kemungkinan besar, pada masa itu, Dewi Kilisuci diikuti para bangsawan-bangsawannya,” ujar Iswahyudi.

“Benar tidaknya, perlu penelitian tindak lanjut. Apakah lewat ekskavasi atau apa,” imbuhnya.

Saat ini, kata Iswahyudi, Disdikbud Jombang dan BPCB Jawa Timur, mengamankan seluruh benda purbakala yang ditemukan. Pihaknya juga menyatakan, akan terus berkoordinasi dengan BPCB terkait kelanjutan temuan tersebut. *)

Tonton videonya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.