Belasan Pohon Jati di Bangsri Jombang Ditebang Orang Tak Dikenal, Pemilik Geram

  • Bagikan
pohon jati di jambe Bangsri Plandaan Jombang ditebang orang
Pohon jati di kebun milik Muhamad Naim (60) yang ditebang orang. Dikabarkam penebangnya, orang 'suruhan' Kades setempat.

FaktaJombang.com – Muhamad Naim (60) warga Desa/Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendadak geram. Betapa tidak, belasan pohon jati yang tumbuh di kebun miliknya di Dusun Jambe, Desa Bangsri, Kecamatan Plandaan, Jombang, ditebang orang tak dikenal (OTK).

Dia mengaku tidak tahu secara langsung proses penebangan pohon jatinya. Juga siapa yang menebang pohon tersebut. Ia hanya tahu sejumlah pohon jatinya sudah tumbang, begitu dia mengecek ke kebunnya.

“Sebelumnya, saya dapat informasi dari teman jika pohon jati di kebun saya ditebang orang,” katanya di lokasi, Jumat (17/9/2021), pukul 16.00 WIB.

Naim juga mengaku, mendapatkan informasi jika pohon jatinya ditebang oleh orang ‘suruhan’ Kepala Desa (Kades) Bangsri. Alasannya, lahannya akan difungsikan untuk pelebaran jalan dan selokan.

“Teman saya ngasih tau kalau pohon jati saya ditebang. Ada 15 pohon. Katanya, mau ada pelebaran jalan dan selokan yang lebarnya enam meter. Yang menebang, katanya orang suruhan Kades Bangsri,” paparnya.

Ia pun menyayangkan, pohon jatinya ditebang begitu saja tanpa sepengetahuan dan izin terlebih dulu kepada dirinya. “Lha ini kok nggak izin dulu sama yang punya,” sambungnya.

Naim juga mengaku sudah mengukur lebar jalan yang rencananya akan dilebarkan. “Setelah itu saya ukur, ternyata jarak antara kayu yang ditebang dan pembangunan jalan, sembilan meter setengah. Katanya enam meter,” jelas Naim.

Tak puas dengan tindakan itu, Naim mengatakan berencana akan meminta ganti rugi atas pohon jati miliknya yang ditebang. Jika tidak ada itikad baik dari pihak yang menebang.

“Kalau memang tidak ada itikad baik atau musyawarah, saya akan minta keadilan secara hokum,” tandasnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah pohon jati yang berada di pinggir jalan paving Dusun Jambe, Desa Bangsri, Kecamatan Plandaan, Jombang, tumbang. Tumbangnya pohon jati tersebut, tampak akibat ditebas pakai gergaji.

Namun, oleh Muhamad Naim, pohon jati tersebut diakui miliknya karena tumbuh di area kebunnya. Ukuran diameter pohon jati yang ditebang tersebut, menurut Naim, saat ini beragam.

“Ukuran bulatannya mulai 65 hingga 80. Ini pohon jati milik saya,” pungkasnya seraya menunjukkan SHM kebun tersebut.

Sayangnya, hingga berita ini diunggah, FaktaJombang.com belum berhasil mengonfirmasi Kepala Desa Bangsri. Meski begitu, upaya konfirmasi terkait hal tersebut, tetap dilakukan. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *