Jelang Panen Ditiup Angin, Petani di Plandaan Jombang Terancam Merugi

  • Bagikan
tanaman padi di plandaan jombang roboh
Tanaman padi di sawah milik Simin, warga Dusun Padangan, Desa/Kecamatan Plandaan, Jombang yang roboh.

FaktaJombang.com – Jelang masa panen, sejumlah petani di Desa/Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, terancam merugi. Pasalnya, tanaman padinya yang hampir dipanen, roboh akibat dihempas angin kencang.

Menurut Simin (54) salah satu petani asal Dusun Padangan, Desa Plandaan mengatakan, hujan deras disertai angin kencang, terjadi di kawasan Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang pada Kamis (4/3/2021) sore. Akibatnya, tanaman padi di beberapa petak sawah miliknya, roboh.

“Tanaman padi roboh kena angin kencang. Kemarin sore hujannya deras disertai angin. Lumayan yang roboh, padahal sebentar lagi dipanen,” katanya kepada FaktaJombang.com, Jumat (5/3/2021).

Ia memprediksi, sekitar seminggu ke depan, tanaman padi di sawahnya itu mulai dipanen. Simin juga mengaku dihantui kerugian karena padinya roboh. Meski begitu, ia berupaya untuk tidak merugi lebih banyak, sehingga Jumat pagi, ia mendirikan tanaman padinya agar tidak terendam air dan tertindih oleh tanaman padi lainnya.

“Kalau nggak didirikan, jelas nggak ada berasnya nanti. Ya, agar tidak terlalu rugi saja. Seminggu lagi dipanen,” ujarnya.

Senada diungkapkan Supeno (50) petani di Desa Karangmojo, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Ia mengatakan, ada puluhan sawah yang ditanami padi roboh akibat diterjang angin kencang yang menyertai hujan kemarin sore. Ia juga memprediksi, hasil panennya nanti akan merosot.

“Bisa dipastikan, kalau tanaman padi roboh tentu hasil panennya akan merosot. Sebab, ketika tanaman padi roboh pasti rusak,” pungkasnya. (ddy/fj)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *