Sempat Memanas, Pemilihan KDAW Mayangan Jombang Akhirnya Sukses Digelar

  • Bagikan
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (KDAW) Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Rabu (8/12/2021).

FaktaJombang.com – Meski sempat memanas saat hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades), Jumat 19 November 2021 lalu, Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (KDAW) Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, akhirnya sukses dilaksanakan.

Hasilnya, H Gunawan terpilih sebagai Kepala Desa (Kades) Mayangan, menggantikan Djuri, Kades terpilih dalam Pilkades serentak 2019 silam, kemudian meninggal pada Oktober 2020 atau sebelum masa jabatannya selesai.

Cakades nomor urut satu ini terpilih, setelah meraup 99 suara. Mengungguli M Taufiqurohman yang mendapat 31 suara, serta M Ahmadi yang tidak mendapatkan suara.

Ketua Panitia Pilkades Antar Waktu (KDAW) Mayangan, M Miftahul Saidin mengatakan, KDAW ini digelar dengan cara vooting tertutup yang memperebutkan 135 hak pilih dari 6 Dusun yang ada di Desa Mayangan.

Berdasarkan Perbup 43 Tahun 2021, lanjutnya, jumlah Cakades Antar Waktu ditentukan paling sedikit 2 orang dan paling banyak 3 orang. Dan yang lolos persyarataan, adalah nomor urut 1 adalah H Gunawan, nomor 2 yakni M Taufiqurohman, dan nomor urut 3 adalah yakni M Ahmadi.

“Hasilnya H Gunawan yang terpilih dengan 99 suara. Untuk nomor urut 2 mendapat 31 suara, dan nomor urut 3, tidak dapat suara,” jelasnya, Kamis (9/12/2021).

Pihanya menyatakan bersyukur, pelaksanaan Pemilihan KDAW pada Rabu kemarin, berjalan lancar dan sukses, serta tidak terjadi kendala apapun. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada ketiga Cakades AW yang sudah turut mensukseskan pemilihan KDAW.

“Alhamdulillah, tidak sampai terjadi gesekan antar pendukung. Ini juga berkat ketiga Cakades yang legowo terhadap proses pemilihan KDAW ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, berkat para Cakades yang telah meminta pendukungnya agar tidak melakukan eforia, setelah diketahui siapa yang terpilih. Ini, kata M Miftahul Saidin, memang sebelumnya, sudah disepakati bersama.

“Dari awal, kami memang sepakat agar tidak perlu ada pengerahan massa di hari H pemilihan KDAW. Dan Alhamdulillah, para Cakades memahaminya. Sehingga, tidak terjadi arak-arakan atau pawai kemenangan dari pendukung Kades terpilih,” pungkasnya.

Sementara Camat Jogoroto. Nunik hidayati saat hendak dikonfirmasi, tidak sedang di tempat. Salah satu staf kecamatan setempat, M Hanafi mengatakan,

“Bu Camat sedang melakukan kunjungan ke desa-desa menyaksikan pelaksanaan pembagian BLT,” kata M Hanafi, seorang staf kecamatan setempat. *)

Baca sebelumnya: Tensi Memanas, Panitia Pilkades Antar Waktu Mayangan Jombang Dituding Tidak Transparan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *