Alumni Undar Jombang, Maju Calon Presidium KAHMI Jawa Timur

  • Bagikan
Haruna Soemitro KAHMI Jombang Jatim
Haruna Soemitro, alumni Undar Jombang yang memimpin Madura United (MU) serta Eksekutif Commete Persatuan Sepak Bola Indonesia (Esco-PSSI)..

FaktaJombang.com – Musyawarah wilayah (Muswil) Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jawa Timur ke-5, yang digelar pada Jumat 28 hingga Minggu 30 Mei 2021 mendatang di Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, diprediksi bakal menyita perhatian.

Nama Haruna Soemitro, masuk dalam bursa calon Presidium KAHMI Jawa Timur. Selama ini, alumni Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang ini, dikenal sebagai tokoh sepakbola di kancah regional hingga nasional.

Dia memimpin Madura United (MU) serta menjadi Eksekutif Commete Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Exco-PSSI).

Namun, di masa tahun 1987 hingga 1990, Haruna Soemitro merupakan aktivis mahasiswa yang kritis di Kabupaten Jombang. Haruna pernah menjadi Sekretaris Umum (Sekum) HMI Cabang Jombang, dan Ketua KNPI Jombang periode 1988 – 1990.

Masa menjadi aktifis, Haruna bersama aktifis lainnya pernah melakukan demonstrasi yang dikenal dengan Trituma (Tiga Tuntutan Mahasiswa). Haruna mengkritisi kebijakan kampus yang tidak berpihak ke mahasiswa.

“Itu awal 1990-an. Demonstrasi pertama di Undar dengan isu Trituma. Salah satu tokoh penggeraknya adalah Mas Haruna Sumitro. Kemudian pada Pemilu 1999, beliau terpilih menjadi anggota DPRD Jawa Timur,” ujar Tarnoto Kicas, mahasiswa Undar angkatan 1988, Selasa (26/5/2021).

Terpisah, Haruna Soemitro menyatakan kesiapannya maju sebagai Presidium KAHMI dalam Muswil ke-V di Magetan mendatang. Untuk itu, dirinya mengusung sederet visi dan misi.

Visi yang dimaksud di antaranya, mewujudkan kualitas insan cita yang bernafaskan Islam dan turut bertanggung jawab dalam terciptanya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT dalam NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sedangkan misinya, Haruna mengusung enam poin. Yakni memelihara dan meningkatkan persaudaraan sesama anggota KAHMI khususnya di Jatim; meningkatkan dan memelihara hubungan timbal balik KAHMI dan HMI; memperkuat ukhuwah islamiyah antar umat; meningkatkan peran kecendikiawanan dalam memajukan IPTEK, enterpreneurship dan inovasi.

“Selain itu juga memelihara dan meningkatkan kualitas institusi, sarana dan prasarana kelembagaan, serta meningkatkan peran serta dalam berbagai bidang Pembangunan Regional Jawa Timur,” kata Haruna dalam siaran persnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan AD/ART KAHMI, terrdapat 7 anggota Presidium KAHMI yang dipilih dalam Muswil. Untuk Koordinator Presidium, biasanya akan dimusyawarahkan dan dipilih salah satu dari 7 orang tersebut.

Untuk posisi Koordinator, bergantian berdasarkan musyawarah. Jadi selama lima tahun dibagi 7 orang untuk dipilih menjadi Koordinator Presidium. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *