Dinyatakan Sembuh, Semua Pasien Keracunan di Puskesmas Kesamben Jombang Dipulangkan

Sejumlah pasien korban keracunan saat dirawat di Puskesmas Kesamben, Kabupaten Jombang.

KESAMBEN | FaktaJombang.com – Sembilan pasien korban keracunan massal yang dirawat di Puskesmas Kesamben, Kabupaten Jombang, dinyatakan sembuh total dan mereka kini dipulangkan, Senin (16/5/2022).

Salah satu perawat Puskesmas Kesamben, Imam Purwanto membenarkan, semua pasien korban keracunan usai menyantap nasi berkat acara Tahlilan itu sudah pulang sekitar pukul 10.00 WIB. Menurutnya, mereka pulang lantaran kondisi kesehatannya sudah normal.

“Untuk di Puskesmas (Kesamben Jombang) hari ini sudah pulang semua. Sekarang kan jam 10 lebih, mereka pulang sekitar setengah jam-an yang lalu. Jadi sudah sembuh,” ujar Imam saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon.

Imam Purwanto menceritakan, korban keracunan mulai berdatangan ke Puskesmas Kesamben, pada Kamis (12/5/2022). Mereka diketahui warga Dusun Garu, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben. Rata-rata, keluhan mereka yakni badan meriang hingga mual-mual.

“Keluhan awal mereka badan meriang, muntah-muntah. Lalu kami rawat. Ada yang lain juga tapi ada yang rawat jalan dan dirujuk. Kalau soal sampel yang kami ambil di lokasi kejadian, hanya air,” jelasnya.

Disinggung apakah kondisi sehat juga dialami pasien keracunan yang dirawat di tempat lain, Imam menjawab belum mengetahui kondisi pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Sakinah Mojokerto.

“Kalau di Puskesmas sudah pulang semua. Nah kalau yang di Rumah Sakit, kami masih belum koordinasi,” imbuhnya memungkasi.

Diberitakan sebelumnya, puluhan warga Dusun Garu, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, menderita keracunan usai menyantap nasi berkat acara Yasinan di rumah Eka Puji Astutik (47).

Data yang diperoleh, terdapat 35 orang yang keracunan. Mereka ada yang rawat jalan, 9 orang dirawat di Puskesmas Kesamben Jombang, dan 3 pasien lain dirawat di Rumah Sakit Sakinah Mojokerto. *)

Baca sebelumnya: Sejumlah Pasien Korban Keracunan di Puskesmas Kesamben Jombang Diperbolehkan Pulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.