Program Vaksinasi Door To Door di Jombang, Sasaran Utama Lansia

  • Share
Proses vaksinas di salah satu rumah warga Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Upaya menangkal penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan pemerintah. Kali ini, Kepolisian Resort (Polres) Jombang menggelar terobosan baru, yakni vaksinasi dari rumah ke rumah atau disebut program door to door.

Vaksinasi pada Rabu (14/7/2021) itu, Wakapolres Jombang Kompol Ari Trestiawan didampingi Kabag SDM dan Kapolsek Megaluh AKP Darmaji, blusukan ke perkampungan warga Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.

Bersama vaksinator dari Urkes Polres Jombang dan Puskesmas Megaluh, petugas mendatangi satu per satu rumah warga untuk divaksin di rumahnya masing-masing.

“Sasaran utama dari program door to door ini adalah warga lanjut usia (lansia) yang tidak bisa datang ke tempat vaksin. Ini merupakan upaya mempercepat vaksinasi, guna menekan penyebaran Covid-19,” kata Ari Trestiawan.

Ia menyebut, di Desa Pacarpeluk ini, pihaknya bersama tim vaksinator membawa 20 vaksin Covid-19. Adapun syarat agar mendapat vaksin tersebut, hanya menunjukkan KK dan KTP untuk pendataan.

“Ini akan terus kita mobilisasi, dan kita sudah siapkan personel serta sarana dan prasarananya. Polres Jombang juga akan mengerahkan Polsek jajaran untuk melakukan hal serupa,”

Tak hanya permukiman, Polres Jombang juga berencana memperluas jangkauan vaksinasi door to door ini, dengan mendatangi tempat publlik untuk mengajak masyarakat segera mendaftar untuk divaksin.

“Bagi yang mau, petugas langsung memeriksa kesehatan calon penerima vaksin. Jika yang bersangkutan layak dari segi medis, maka dia mendapat vaksin dari tim vaksinator,” pungkasnya.

Sementara Andi, salah satu penerima vaksin mengaku senang dengan adanya terobosan ini. Ia sangat berterima kasih, lantara ia mendapat vaksin tanpa pergi jauh-jauh dari kediamannya.

“Terima kasih atas terobosan ini. Kami bisa mendapat vaksin dengan petugasnya yang datang ke tempat kita,” ujarnya. *)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *