Donor Darah di Kecamatan Tembelang Jombang, Dijadwal Sebulan Sekali

  • Bagikan
donor darah di kecamatan tembelang jombang 1
Camat Tembelang, Muchtar saat menjalani donor darah di kantornya.

FaktaJombang.com – Puluhan orang serentak mengikuti kegiatan donor darah di kantor Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, pada Rabu (7/4/2021) siang. Kegiatan ini digelar, atas kerjasama pihak kecamatan setempat dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jombang.

Camat Tembelang, Muchtar, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan donor darah pertama kali di lingkup Kecamatan Tembelang.

“Bahkan, donor darah di kecamatan ini adalah pertama se-Kabupaten Jombang dan diawali oleh Kecamatan Tembelang,” katanya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih ke Ketua PMI Jombang, Soeharto bersama tim atas kerjasama kegiatan kemanusiaan tersebut. Dikatakannya, donor darah di Kecamatan Tembelang, akan digelar secara rutin tiap bulan.

“Saya mengapreasi Ketua PMI Kecamatan Tembelang saudara Ali Arifin sebagai inisiator sehingga donor darah ini terlaksana dan akan diadakan sebulan sekali,” papar Muchtar.

Sementara Ketua PMI Kecamatan Tembelang, Ali Arifin mengatakan, donor darah di tingkat Kecamatan Tembelang ini, diikuti sebanyak 39 pendonor. Dia juga menyampaikan terima kasih atas respon positif masyarakat atas donor darah ini.

Antusiasme masyarakat tersebut, katanya, dengan adanya ratusan calon pendono yang mendaftar. Hanya saja, seluruhnya tidak bisa mendonorkan darahnya karena terbentur aturan.

“Aturannya, setelah divaksin dosis pertama sampai vaksin kedua, atau jeda 14 hari, mereka tidak diperbolehkan donor darah,” urainya.

Ali Arifin juga mengatakan, donor darah di tingkat kecamatan Tembelang ini digelar, semata-mata memberi ruang kepada masyarakat yang peduli kepada sesama dengan sukarela mendonorkan darahnya.

Pihaknya membenarkan, kegiatan kemanusiaan ini akan dihelat sebulan sekali. Sebab itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk donor darah. Selain bisa bermanfaat bagi sesame yang membutuhkan, donor darah merupakan upaya bagi mereka yang ingin sehat dan bugar.

“Juga agar ketersediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Jombang, stabil dan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Insya Allah nanti setelah Hari Raya Idul Fitri, donor darah di Kecamatan Tembelang kembali digelar,” ujarnya. *)

donor darah di kecamatan tembelang jombang1
Ketua PMI Kecamatan Tembelang, Ali Arifin, saat menjalani donor darah.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *