Petani Segodorejo Jombang Temukan Cara Efisien Mengairi Berambang

  • Bagikan
Alat penyiraman lahan yang ditanami bawang merah atau berambang, hasil temuan H Jumain, petani Desa Segodorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

FaktaJombang.com – Seorang petani di Desa Segodorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, memiliki cara efisien untuk menyirami sawah miliknya yang ditanami berambang atau bawang merah.

Selain efisien, penyiraman lahan yang ditanami berambang bisa merata. Selain itu, biaya yang dibutuhkan tidaklah mahal. Alat tersebut, di antaranya pipa paralon, pompa air kecil yang biasa dipakai rumah tangga, dan sprinkler atau alat yang berguna untuk memadamkan api secara otomatis.

“Pembuatannya, bisa bikin sendiri,” kata H Jumain, Senin (1/11/2021).

Menurutnya, bahan-bahan yang cukup mengeluarkan modal, yakni pipa paralon dan sprinkler. Karena alat tersebut berkaitan dengan jangkauan semprotan air. Untuk 1 buah sprinkler, biasanya menjangkau lahan seluas 1 bata/ ru atau 14 meter persegi.

“Jadi, kalau lahannya seluas 100 bata, dibutuhkan 100 buah sprinkler,” rinci Jumain.

Sedangkan kebutuhan panjang pipa paralon, juga menyesuaikan luas lahan. Dan di titik tertentu pipa panjang tersebut dipasangi pipa berukuran kecil dengan posisi berdiri. Pipa kecil tersebut, sebagai tempat untuk sprinkler.

“Untuk ukuran paralon yang panjang, bisa 2 dim. Nah, kalau pipa berukuran kecil yang dipasang berdiri tersebut, bisa pakai setengah atau tiga perempat dim,” jelasnya.

Pihaknya mengatakan, ide membuat alat penyiraman lahan tersebut berawal dari pengalamannya menyiram lahan dengan cara lama yakni menggunakan selang dan diesel. Dengan cara lama itu, distribusi air untuk tanamannya, tidak merata.

Dari situlah, Jumain berpikir dan mencari solusi. Bagaimana bisa menyiramkan air secara merata pada lahannya dengan modal terjangkau. Hingga dia menemukan cara menyiram lahan secara modern sekaligus efisien.

Pihaknya juga menuturkan, kebutuhan volume air untuk menyiram lahannya juga tidak boros. Nyais sama dengan kebutuhan air saat menyiram lahan memakai cara lama. Dan kelebihannya, adalah merata sekaligus tidak membutuhkan banyak tenaga.

“Saya sudah membandingkan penyiraman tanaman pakai cara ini dengan cara lama. Dengan cara ini, air menyirami tanaman secara merata. Tentunya, tanaman juga akan tumbuh merata. Dan irit tenaga,” paparnya.

Alat ala H Jumain ini mampu menyiram tanaman secara merata.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *