Ratusan Warga Sidowarek Jombang Jalani Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan
vaksin sidowarek jombang 1
Kades Sidowarek Fatchur Rohman (Gus Fat) mendampingi seorang warganya berusia 85 tahun sedang disuntik vaksin Covid-19.

FaktaJombang.com – Ratusan warga Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama secara massal, Jumat (9/4/2021). Mereka divaksin guna menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus Coronavirus Disease 2019 masuk ke dalam tubuh.

Pantauan di lokasi, sebelum disuntik vaksin, setiap warga diharuskan menjalani tes screening. Begitu dinyatakan sehat, baru dilakukan penyuntikan vaksinasi Covid-19 oleh tim medis dari Puskesmas Pulorejo secara bergiliran di salah satu ruangan area balai desa Sidowarek.

Setelah divaksin, setiap warga diminta menunggu di balai desa selama 5 menit. “Jika selama 5 menit sampean tidak ada keluhan, sudah diperbolehkan pulang,” seru petugas ke setiap warga yang selesai divaksin.

Kepala Desa (Kades) Sidowarek, Fatchur Rohman mengatakan, program vaksinasi Covid-19 yang dimulai pukul 07.30 WIB ini untuk 300 warga desa setempat. Karena vaksinasi tahap pertama ini, Pemdes Sidowarek mendapatkan jatah 300 dosis vaksin Covid-19.

“Sebanyak 300 dosis yang kita dapatkan. Kita target selesai dalam satu hari ini. Kita sudah mengundang warga yang patut divaksin,” kata Gus Fat, begitu Kades Sidowarek ini akrab disapa.

Menurut Gus Fat, prioritas vaksinasi kali ini merupakan warga yang memiliki durasi pertemuan cukup padat dengan warga lain. Seperti pelayan publik, pedagang dan lainnya.

“Yang diprioritaskan divaksin adalah pedagang dan pelayan publik serta profesi lain yang sering bertemu dengan banyak orang,” paparnya kepada FaktaJombang.com.

vaksin sidowarek jombang
Kades Sdiowarek Gus Fat dengan istri, foto bersama Pasutri yang sudah divaksin Covid-19.

Untuk kategori usia, kata Gus Fat, yakni mulai usia 18 tahun hingga tidak terbatas. “Ini tadi ada warga kita yang usianya 85 tahun, juga ikut vaksin,” katanya.

Gus Fat juga menyampaikan, masyarakat tidak perlu takut disuntik vaksin Covid-19, karna vaksinasi ini adalah upaya pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19. Dan pemerintah, lanjutnya, sudah menjamin vaksin tersebut aman dan halal.

“Tapi, meskipun sudah divaksin, saya juga meminta ke warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam melakukan aktivitas sehari-hari,” pesannya.

Proses vaksinasi di balai desa Sidowarek kali ini, juga dipantau Camat Ngoro Ida Khumaida serta tiga pilar desa setempat. *)

vaksin sidowarek jombang 2
Foto bersama Gus Fat dan istri, Camat Ngoro Ida Khumaida, Babinsa, Bhabinkamtibmas, petugas medis dan “Sahabat Gus Fatchur”
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *