Bukan dari BTT, Rumah Sehat Ngusikan Jombang Disebut Urunan Rp 9 Juta Per Desa

  • Bagikan
Rumah sehat kecamatna jombang 1
Salah satu rumah sehat Kecamatan Jombang. (Foto: dok)

FaktaJombang.com – Keberadaan Rumah Sehat di Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, hingga akhir Agustus 2021, diketahui dibiayai dari hasil urunan 11 Desa yang ada di kecamatan tersebut. Untuk besaran urunan tersebut tidaklah sedikit, yakni mencapai Rp 9 juta per desa.

Besaran dana urunan itu, diungkap Sekretaris Desa (Sekdes) Mojodanu, Slamet Hariadi, Rabu (1/9/2021) siang. Menurutnya, desanya menyetor Rp 9 juta untuk biaya Rumah Sehat yang berada di SMPN 1 Ngusikan.

“Kita menyumbang Rp 9 juta untuk pembiyaan Rumah Sehat,” sebutnya kepada FaktaJombang.com di balai desa setempat.

Ia juga mengatakan, besaran sokongan tersebut merupakan hasil musyawarah antar desa-desa melalui BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) di Kecamatan Ngusikan.

“Ada 11 Desa di Kecamatan Ngusikan. Besaran urunannya sama. Diambilkan dari Dana Desa (DD),” sambung Slamet Hariadi.

Dari musyawarah BKAD itu, lanjutnya, diketahui Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk kebutuhan Rumah Sehat. Setelah sepakat, kemudian diputuskan besaran urunan per desa tersebut.

“Kalau rincian kebutuhan Rumah Sehat, saya nggak hafal. Tapi, itu sudah lengkap kok, termasuk honor,” ulasnya.

Sokongan untuk pembiayaaan Rumah Sehat sebesar itu, karena jumlah desa di Kecamatan Ngusikan, sedikit. Berbeda dengan jumlah desa di kecamatan lain di Jombang.

“Kalau jumlah desanya banyak, mungkin urunannya bisa lebih sedikit. Di Ngusikan ini kan hanya 11 desa,” urai Slamet.

Disinggung apakah tahu jika terdapat Anggaran BTT (Belanja Tidak Tetap) yang digelontorkan ke Rumah Sehat melalui Kecamatan, ia menjawab tahu namun tidak begitu detail.

Ia pun memastikan, selama adanya Rumah Sehat hingga akhir Agustus 2021, pembiayaan Rumah Sehat Kecamatan Ngusikan tidak dari Anggaran BTT Pemkab Jombang. Melainkan dari urunan desa-desa yang ada.

“Cuma dengar saja kalau soal BTT. Tapi itu lewat Kecamatan. Yang pasti, selama ini rumah sehat itu dibiayai hasil urunan desa-desa,” jawabnya.

Sayangnya, hingga berita ini diunggah, FaktaJombang.com belum berhasil mengkonfirmasi pihak Kecamatan Ngusikan, terkait besaran urunan per desa serta Anggaran BTT yang menurut Bendahara BPBD Jombang sudah dicairkan ke pihak kecamatan. Meski begitu, upaya konfirmasi tetap dilakukan.

Sekedar diketahui, 11 desa di Kecamatan Ngusikan, di antaranya Desa Asem Gede, Cupak, Keboan, Kedungbogo, Ketapangkuning, Kromong, Manunggal, Mojodanu, Ngampel, Ngusikan, dan Desa Sumbernongko. *)

Baca Sebelumnya:
Rumah Sehat 21 Kecamatan di Jombang Digerojok Dana BTT
Tiga Kecamatan Miliki 2 Rumah Sehat di SK Bupati, Dana BTT Jombang Kota Lebih Tinggi
Seragam Gratis SD/SMP Sederajat di Jombang Direfocusing Karena Dinilai Tak Urgen
Kades se-Kecamatan Diwek Geruduk DPRD Jombang, Hearing Dihiasi Umpatan
Komisi D DPRD Jombang Tak Tahu Anggaran BTT Sudah Dicairkan ke Kecamatan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *